Tanya Dokter

  • sakit perut pada saat menstruasi

  • Slmat siang dok, saya seorang ibu rumah tangga dengan 2 anak .sebulan lalu saya sempat ganti KB dengan KB pasang/ IUD ANDALAN, namun setelah pemakaian sebulan saya mengalami menstruasi yg menurut saya tidak seperti biasanya, karena saya keluar darahnya sangat banyak dan hampir 5 hari blom selesai, selain keluar darah yang banyak, saya juga mengalami rasa sakit yg berlebihan di daerah leher rahim / di bagian perut di bawah pusar.kira kenpa ya itu dok? apa karna proses pergantiang KB atau ada hal yg lainya.

    mohon diberikan sarannya dan trimakasih.

    Hello, IUD (Intra Uterine Device) adalah salah satu alat kontrasepsi yang memiliki tingkat efektifitas yang cukup baik dalam mengontrol kehamilan. IUD terdiri dari 2 jenis yaitu IUD tembaga (termasuk IUD Andalan) dan IUD yang mengadung hormon. IUD tembaga memiliki potensi  efek samping yang dapat menyebabkan nyeri selama menstruasi dan perdarahan yang terkadang lebih banyak dari biasanya. Berikut adalah kemungkinan-kemungkinan efek samping yang dapat terjadi pada pengguna IUD :

    1. Kram perut
    2. Volume darah yang lebih banyak selama menstruasi
    3. Menstruasi yang tidak teratur
    4. Rasa tidak nyaman di perut
    5. Reaksi penolakan dari tubuh
    6. Letaknya dapat bergeser
    7. dan lainnya
    Namun nyeri pada menstruasi yang disertai dengan jumlah perdarahan yang lebih banyak atau dalam istilah medis dikenal sebagai menometrroragia dapat disebabkan juga oleh beberapa penyakit, antara lain:
    1. Penyakit radang panggul
    2. Gangguan penggumpalan darah
    3. Endometriosis
    4. Keguguran
    5. Fibroid rahim
    6. Kanker
    7. dan lainnya
    Anda membutuhkan pemeriksaan fisik dan penunjang termasuk USG untuk menentukan penyebab terjadinya gejala-gejala tersebut. Dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya. Jika dikarenakan IUD, maka ada beberapa tindakan lanjutan yang harus dilakukan untuk mengatasi nyeri dan perdarahan tersebut. Namun jika terdapat penyakit yang menyebabkan kondisi tersebut, maka akan diambil tindakan yang sesuai untuk mengobatinya. Berikut adalah laman yang membahas seputar gejala yang Anda alami dan kemungkinan penyebabnya : http://www.alodokter.com/mewaspadai-menstruasi-yang-tidak-normal Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.