Tanya Dokter

  • Penyebab sakit perut sebelah kiri

  • Assalamualaikum wr wb Dok kemarin hari jum'at pas latian bola perut saya kena hantam oleh teman setim. Setelah kejadian itu perut sebelah kiri saya sering terasa sakit bahkan sampai sekarang. Apakah berbahaya dok? Dan bagaimana pengobatannya?

    Hai Farhan,

    Trauma atau benturan pada perut memang dapat menyebabkan memar jaringan yang menimbulkan rasa nyeri pada perut. Sepanjang benturan tidak menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit, otot, tulang, ataupun organ dalam perut maka kondisi ini umumnya tidak berbahaya. Nyeri yang timbul akibat memar jaringan umumnya dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

    Namun waspadai bila timbul gejala lain seperti nyeri hebat pada perut, nyeri berkepanjangan, timbul memar yang tidak kunjung hilang, perdarahan saat BAB, kencing darah, ataupun demam. Bila mengalami gejala-gejala ini sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut untuk menelusuri penyebabnya, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Berikut ini anjuran bagi Anda:

    • Bila nyeri terasa mengganggu dapat melakukan kompres hangat di perut untuk meredakan rasa nyeri
    • Hindari mengurut atau memijat bagian perut yang sakit
    • Beristirahat cukup dan konsumsi makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh


    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman