Tanya Dokter

  • sakit perut setiap hari setelah bangun tidur

  • Pagi dok ini yang saya keluhkan setiap hari sehabis bangun tidur pagi-pagi perut saya terasa sakit sekali perut serasa diremas-remas dan saya langsung ke kamar mandi untuk BAB, setelah BAB rasa sakit berkurang, dan itu setiap hari saya alami, dalam sehari BAB bisa sampai 3x, padahal saya jarang makan.

    Yang saya tanyakan Kenapa setiap bangun pagi perut sakit sekali, tetapi saya buat BAB rasa sakitnya berkurang, apa hal itu wajar-wajar saja apa ini gejala yang serius.

    Terima kasih dok.

    Hai idho Gejala yang dialami idho mungkin suatu gangguan yang disebut irritable bowel syndrome (IBS). Dimana sekumpulan gejala yang sudah berlangsung paling tidak selama 6 bulan, gejala-gejalanya antara lain:

    • Gejala perut antara lain;nyeri perut mulas,kembung. Biasanya nyeri perut berkurang setelah BAB, nyeri uluhati.
    • Perubahan pola buang air besar, bisa mencret atau sulit BAB. Tapi kebanyakan lebih sering mencret. Mencret biasanya terjadi pada pagi hari saat bangun tidur, saat atau sesudah sarapan.
    Kejadian irritable bowel syndrome ini lebih sering terjadi para wanita dibanding pria. Penyebab pasti belum diketahui tapi biasanya karena faktor dari stres psikologis,makanan,hormonal, infeksi,dll. Penyakit irritable bowel syndrome ini bukan penyakit yang berbahaya, namun cukup menggangu. Perlu waspada jika terjadi salah satu dari gejala ini:
    • Berat badan menurun
    • Anemia
    • Ada darah pada kotoran (feses)
    Karena mungkin juga adanya penyakit lain seperti infeksi,alergi makanan,keganasan,dll. karena gejala sudah lama baiknya anda memeriksakan diri kedokter, untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan jika perlu pemeriksaan penunjang seperti, cek feses, cek darah, USG,endoskopi,dll. Lengkap mengenan Irritable bowel syndrome, Idho dapat membacanya disini Irritable Bowel Syndrome (IBS) Semoga membantu ya, terima kasih dr.Yan william