Tanya Dokter

  • Pinggang dan punggung sering nyeri

  •  Alif Latifah
    Anggota

    Sore dok :) saya mau nanya akhir-akhir ini pinggang belakang bagian kanan saya sering nyeri terus sakit banget, dan jika ingin berbaring terasa punggung saya sakit sekali, saya baru berumur 16th apa itu wajar dok?

    Halo Alif, Sakit di punggung sering dijumpai dalam aktivitas sehari-hari. Gejalanya bisa berupa nyeri yang hilang timbul atau daerah punggung menjadi sulit digerakkan. Rasa sakit bisa dipicu oleh postur tubuh yang salah saat duduk, berdiri, membungkuk atau saat mengangkat benda yang berat. Sebagian nyeri punggung akan sembuh sendiri dalam beberapa minggu. Pada beberapa kasus, nyeri punggung dapat menjadi tanda penyakit yang lebih serius, misalnya:

    Nyeri punggung umumnya diobati dengan obat antinyeri, fisioterapi kecuali jika ada penyakit yang menjadi penyebab nyeri tersebut. Konsultasikan ke dokter jika gejala nyeri punggung tersebut tidak ada perbaikan atau semakin memberat, timbul bengkak, disertai demam, sulit buang air kecil. Dokter akan menanyakan riwayat penyakit, melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti tes darah, urin, foto rontgen atau MRI jika memang diperlukan. Sebaiknya Anda: Artikel ini dapat membantu: Nyeri punggung Semoga bermanfaat ya, dr.Miranti Iskandar