Tanya Dokter

  • sakit pinggang bagian kanan disertai sering merasa ingin BAK

  • Dok saya wanita berusia 22 tahun . Sudah 1 bulan lebih siklus kencing saya ga beraturan kaya kalau saya sudah kencing 5 menit kemudian serasa mau kencing lagi sampai sakit perut bagian bawahnya tapi ketika kencing ga ada air kencingnya lalu sekarang ini badan saya kaya lemas dan seluruh badan itu kaya kaku dan pegel gtu serta pinggang bagian kanan saya itu berasa linu dan bengkak serta panas gitu dok . Dan udh 3 hari ini saya sembelit dan setiap wktu magrib keatas badan jadi panas dingin meriang gitu dok . Mohon penjelasannya dok .

    Hai,

    Keluhan tersebut diantaranya dapat disebabkan oleh:

    - infeksi saluran kemih

    - batu pada saluran kemih, misalnya batu ginjal 

     

    Hal-hal berikut dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan yang timbul:

    - Usahakan untuk lebih banyak minum air putih dan tidak menahan rasa saat ingin BAK atau BAB

    - Bersihkan dari arah depan ke belakang setelah BAK atau BAB

    - Memiliki pola makan teratur, dan konsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran dan buah untuk membantu mencegah konstipasi

    - Hindari mengejan berlebihan

    - Batasi kafein/ alkohol

    - Memiliki waktu istirahat yang cukup

    - Tidak stres

     

    Ukurlah suhu tubuh menggunakan termometer. Jika suhu lebih dari 37.5 derajat celcius, maka tubuh dlalam kondisi demam. Obat parasetamol dapat diberikan untuk meredakan demam dan nyeri yang timbul.

    Jika gejala belum membaik, disarankan agar Anda periksa ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang seperti tes urin atau USG. Langkah penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan penyebab medis yang mendasari.

     

     

    Semoga bermanfaat,

    dr. Jessica