Tanya Dokter

  • Sakit pinggang disertai keringat berlebihan, wajah pucat dan ingin pingsan

  •  kalsumradi
    Anggota
    dok sy mau tny saat ini sepertinya sy mengalami masa menopaus.perasaan sy sering tidak nyaman keringatan berlebihan.muka pucat.sprt mau pingsan. nanti setelah minum obat pnmbh darah baru terasa enakan.dan itu msh brlngsg hgg sekarang.malah lagi dok tiba tiba pinggang belakang terasa skt nyut nyut jika saya duduk.kadang sakit kadang hilang.jg ktk baring.saat buang air kcl terasa nyeri sedikit seperti saat haig.dan sy sdh tdk haig.apakah itu gjl pnykt ginjal dok?.kmn sy hrs memeriksakan.jg megenai kondisi sy yg sering tdk nyaman.trims dok.

    Halo Kalsumradi, terima kasih atas pertanyaanya. Menopause adalah berhentinya siklus menstruasi akibat penurunan kadar hormon pada wanita. Secera normal menopause terjadi akibat proses penuaan pada wanita. Menopause biasanya terjadi pada kisaran usia 50 tahun namun dapat lebih cepat dan lebih lambat tergantung dari masing-masing individu. Perubahan hormon yang tiba-tiba turun akan mengakibatkan beberapa efek yang terjadi pada tubuh seperti :

    • perubahan siklus menstruasi hingga berhenti siklus menstruasi
    • sensasi rasa panas dan jantung berdebar (hot flushes)
    • penurunan gairah seksual
    • emosi tidak stabil
    • mudah lelah
    • kenaikan berat badan

    Gejala-gejala seperti di atas akan membaik seiring berjalannya waktu. Namun pada beberapa kondisi wanita tidak dapat menahan gejala menopause tersebut sehingga memerlukan bantuan pengobatan dari dokter. Pada kondisi menopause, wanita cenderung lebih rentan terkena infeksi saluran kemih. Gejala nyeri pinggang dan nyeri saat berkemih bisa merupakan gejala dari infeksi saluran kemih. Sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter terdekat. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan urin apabila diperlukan. Konsultasikan juga keluhan terkait menopause yang Anda alami. Jangan lupa untuk minum air putih minimal 2 liter sehari serta istirahat yang cukup.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa