Tanya Dokter

  • Penyebab sakit pinggang hingga ke perut

  •  elyeosin
    Anggota

    Dok, saya wanita berusia 25 tahun. Saya baru saja menikah satu bulan yang lalu. Saya mau tanya, jadi kan saya masih bisa dibilang pengantin baru ya dok, jadi mungkin wajar kalau saya dan suami melakukan hubungan intim hampir setiap hari. Nah, yang saya keluhkan, pinggang saya itu sakit dok, rasa sakitnya itu memutar sampai ke perut. Saya memang tidak jarang mengalami hal seperti ini, yaitu pada saat seminggu sebelum saya datang bulan. Tapi bulan ini saya sudah selesai datang bulan dok, kira-kira terakhir tanggal 22 kemarin. Itu kenapa ya dok kira-kira? Apa saya mengalami penyakit tertentu atau mungkin hanya karena efek dari hubungan intim yang baru saya alami ini? Tapi dua hari ini saya tidak melakukan hubungan badan dok, kira-kira itu gejala apa ya? Lalu tindakan apa yang sebaiknya saya lakukan untuk mengurangi rasa sakitnya dok?

    Mohon penjelasamnnya dan terima kasih sebelumnya, dok. <div id="__if72ru4sdfsdfruh7fewui_once" style="display: none;"></div> <div id="__zsc_once"></div>

    Hai Elyoesin, Nyeri pinggang yang memutar sampai ke perut dapat disebabkan oleh:

    Untuk memastikan keluhan yang anda alami sebaiknya anda konsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti tes darah, tes urin dan USG serta dapat diberikan pengobatan yang sesuai. Sebaiknya anda melakukan tips di bawah ini:
    • Konsumsi air mineral minimal 2 liter dalam 1 hari
    • Makan teratur
    • Konsumsi makanan dengan tinggi nutrisi dan gizi
    • Konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen yang banyak dijual di pasaran dengan dosis yang sudah ditentukan
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Nyeri pinggang Semoga membantu dr. Yosephine

    elyeosin  elyeosin
    Anggota

    Tapi dok, bukannya kalau terlalu sering mengonsumsi obat-obatan kimia bisa berpengaruh pada rahim? Selama ini saya sangat jarang mengonsumsi obat kimia dok, karena takut berpengaruh pada organ dalam dan baru tampak efeknya saat usia lanjut nanti. Apa ada solusi lain selain mengonsumsi obat dok? Apa bisa dengan jamu tradisional misalnya? Terus ada lagi yang ingin saya tanyakan dok, apa 4 hari setelah hari pertama haid itu saya sudah kemungkinan ada mengalami masa subur?