Tanya Dokter

  • Sakit pinggang dan perut sebelah kiri

  • Dok, saya mau tanya, bulan ini saya terlamabat datang bulan 2 minggu, 2 hari sebelum dtg bulan pinggang dan perut saya sebalah kiri terasa sakit sangat, tidak seperti biasa saat saya datang bulan. Dan baru 3 hari saya datang bulan darah haid sudah berhenti, tetapi perut dan pinggang saya masih begitu sakit. Itu kenapa dok?

    Hai, Kondisi stres, gangguan pola makan, atau olahraga yang berlebihan juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi yang terjadi. Normalnya, menstruasi memiliki siklus 21 hingga 35 hari. Menstruasi dapat berlangsung 2 hingga 7 hari. Sakit pinggang dan perut kiri tersebut diantaranya dapat disebabkan oleh:

    Kompres hangat dan obat pereda nyeri seperti parasetamol dapat diberikan sementara untuk mengurangi rasa sakit yang timbul. Perbanyak minum air mineral, minum secara perlahan-lahan, dan tidak menahan rasa saat ingin buang air kecil. Kurangi makanan berlemak dan pedas, serta batasi konsumsi kafein, alkohol/ minuman bersoda. Jika keluhan masih berlanjut, disarankan agar Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik dan tes penunjang seperti tes darah, tes urin, sinar X, atau USG, dapat membantu untuk mengetahui penyebab medis yang terjadi. Penanganan akan diberikan sesuai dengan penyebab dasarnya. Anda dapat membaca halaman Sakit pinggang dan Penyebab sakit perut sebelah kiri.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto