Tanya Dokter

  • Sakit pinggang sebelah kanan dan gatal berair

  • Permisi dok, saya mau bertanya dok tentang penyakit apa yang saya derita!!

    sudah 1 minggu ini pinggang saya sakit dok, pinggang kanan saya itu terasa sangat panas, sakitnya menusuk sampai ke belakang, dan saat pertama saya terkena itu kalau saya memegang kulit pinggang saya itu terasa perih, tapi tidak ada luka atau merah2 pada kulit pinggang saya tapi terasa panas, perih dan sakit, tapi saya tdk memerdulikannya dok karena ku pikir mungkin ini karena aku salah tidur, tapi setelah 4 hari kemudian muncul bentol bening , itu rasanya gatal dan perih dok dan sakit pinggang saya juga belum sembuh dok, klw saya berkegiatan itu terasa sakit, kalau saya mau tidur pasti sakit (model tidur apapun) pasti terasa sakit.

    tolong saya dok,,, menurut dokter saya ini terkena penyakit apa dok ??

    Halo nurhalisah, terima kasih atas pertanyaannya. Nyeri pinggang yang disertai lenting berair biasanya paling sering disebabkan oleh munculnya herpes zoster. Herpes zoster adalah infeksi pada saraf kulit yang bersifat unilateral (hanya menyerang satu sisi tubuh saja). Herpes zoster merupakan reinfeksi dari virus varicella zoster atau cacar air. Virus Varicella zoster pada infeksi awalnya akan menimbulkan cacar air, namun saat cacar air tersebut sembuh virus akan menetap pada saraf tulang belakang juga saraf tengkorak (saraf tepi) dan akan muncul kembali saat terjadi infeksi virus varicella ulang disertai penurunan sistem kekebalan tubuh. 

    Gejala dari herpes zoster pada awalnya akan berupa rasa nyeri saja bisa berupa nyeri ringan hingga hebat. Nyeri yang timbul biasanya sesuai dengan letak munculnya lenting nantinya. Lalu setelah nyeri muncul lenting akan timbul dalam beberapa hari menjadi lepuh dan mengering. Lenting akan muncul pada satu sisi tubuh saja (kanan atau kiri) sesuai dari saraf yang terinfeksi. 

    Herpes zoster sama dengan infeksi virus pada umumnya tidak bersifat berat dan dapat membaik dengan sendirinya setelah 2 - 4 minggu. Anda dapat menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan pereda nyeri, dokter biasanya juga akan memberikan obat antivirus untuk mempercepat proses penyembuhan Anda. Beberapa herpes zoster dapat memberat terutama apabila menyerang saraf-saraf pernapasan atau saraf wajah. Namun perlu diketahui beberapa kasus dapat menyisakan nyeri walaupun herpes telah sembuh, kondisi ini disebut Post herpetik neuralgia. Sementara itu berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah :

    • meminum air putih cukup dan mengkonsumsi makanan bernutrisi dapat membantu sistem kekebalan tubuh bekerja optimal
    • tetap mandi dengan bersih guna mencegah adanya infeksi sekunder pada ruam dan lenting
    • menggunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat 

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa