Tanya Dokter

  • Sakit pinggul dan cara mengatasinya

  • Malam Dok, Saya Dedi, usia 30th, saya sakit pinggul sebelah kanan dan pangkal paha ( selangkangan ) terasa panas, nyutnyutan, perih, tapi tdk ada luka. Gejala sakit apa kah ini, terima kasih Dok

    Halo Dedi......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami saat ini dapat saja mengarah ke yang Orang awam sering menyebutnya sebagai linu panggul, atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai skiatika.

    SKiatika dapat dirasakan oleh siapa saja yang mengalami tekanan atau iritasi pada saraf siatik. Sedangkan saraf skiatik Merupakan saraf dengan ukuran paling panjang dalam tubuh yang menjalar melalui punggung, Panggul, bokong, hingga ujung kaki.

    Selain oleh karena penyakit yang telah disebutkan di atas, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : penyempitan tulang belakang, ginjal yang bermasalah seperti adanya infeksi atau batu, cedera pada persendian tulang belakang, trauma pada otot, empedu yang bermasalah.

    Jika sampai saat ini gejala masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis neurologi atau saraf terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati