Tanya Dokter

  • Bagaimana cara mengobati dan mencegah sakit punggung?

  •  rudi prabowo
    Anggota

    Hai semua tim Alodokter dan anggota forum! Salam kenal. Nama saya Rudi. Saya mau tanya, untuk sakit punggung paling bagus minum nya obat apa yah untuk redain sakitnya? Saya paling sering merasakan sakit itu pas bangun pagi. Apa ada saran2 atau cerita atau kesaksian dr teman2 sekalian dimana kalian berhasil menghilangkan rasa sakit punggung? Terima kasih sebelumnya untuk input teman2 sekalian. Rudi.

    rudi prabowo  endi prihatno
    Anggota

    Salam kenal Pak Rudi. Saya juga dari muda mendertia sakit punggung. Sakit punggung saya juga paling parah itu saat bangun pagi dan saat tidur malam hari. Walau jarang terbangun gara2 sakit punggung, saya mesti selalu ganti posisi tidur supaya tetap bisa tidur nyenyak sampai pagi. Saya sempat berkonsultasi sama dokter. Dokter umum saya menyarankan untuk makan paracetamol kalau sakit punggung nya tidak tertahan atau mulai mengganggu aktivitas dan kosnetrasi saya. Dokter saya juga ingatkan saya agar jangan terlalu sering bergantung pada obat pereda sakit soalnya obat itu hanya mengatasi gejala sakit saja tapi tidak mengobati akar penyebab saya sakit punggung. Selain itu Pak, saya juga disarankan untuk mengganti kasur saya. Kasur saya yg sebelumnya itu semua sangat lembek dan empuk. Pertama sih dipikir enak kan yah Pak. Tapi ternyata kasur yang terlalu lembek itu tidak bisa meng-support tulang punnggung kita sebaik kasur yang lebih keras. Setelah mengganti kasur, sakit punggungnya memang berkurang dalam tingkat keparahannya. Tapi masih tetap saja ada. Akhirnya saya memutuskan untuk mendaftarkan diri di gym. Setelah gym 3 bulan dan allhamdulilah secara rutin melatih otot2 belakang dengan alat2 gym yang tersedia, sakit punggung saya sekarang hampir tidak ada lagi. Semoga membantu yah Pak saran2 saya.

    rudi prabowo  puan mahadewi
    Anggota

    Hi anggota Alokter forum! Nama ku Dewi. Aku berumur 33 taun dan juga menderita sakit punggung. Aku kerja nya di office setting gitu dan sehari kira2 duduk depan komputer sekitar 8-10 jem sehari! Dua hal yg palign signifikan buat aku dalam menangani sakit punggung itu adalah olah raga dan postur tubuh sepanjang hari baik pas lagi duduk atau pun berdiri. Aku sekarang rutin ikut kelas olahraga pilates. Pilates itu sangat2 bagus untuk memperkuat otot-otot inti tubuh dan sekaligus mengoreksi postur tubuh kita. Walopun banyak wanita yg ikut kelas pilates, ada juga peserta laki2nya kok. Jadi boleh dicoba semua orang.  Karena pas pilates aku diajarin biar lebih sadar akan postur tubuh; otomatis pas lagi ngantor dan lagi duduk, aku dengan secara tidak sadar duduknya lebih tegak dan lebih nyaman dengan postur2 yang benar. Sekarang aku sudah masuk bulan ke 6 pilates. Seminggu kelas nya 3x dan sekali 1 jam. Dan allhamdulilah sampai sekarang sakit punggung saya tidak kambuh.

    rudi prabowo  endi prihatno
    Anggota

    Teman2, ini ada artikel alodokter yg saya harap bisa membantu kita semua. http://www.alodokter.com/nyeri-punggung Sukses ya Mba Dewi dengan olahraganya. Saya sendiri juga yakin olahraga itu penting secara keseluruhan dalam mejaga kesehatan dan menghindarkan kita dari segala macam penyakit.

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.