Tanya Dokter

  • Mengatasi sakit punggung

  •  resvyderiza
    Anggota

    Assalamualaikum, dok saya wanita usia 20 tahun dalam beberapa bulan ini saya mengalami nyeri di bagian punggung hingga sulit untuk mengambil nafas. gejala apa itu ya dok? dan jika saya ingin memeriksakan penyakit ini sebaiknya ke spesialis apa ya? karena beberapa hari lalu saya mengecek ke spesialis paru-paru karena saya juga mengalami sesak nafas tapi tidak ada perubahan. terima kasih dok

    Halo resvyderiza.......

    Terimkasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada punggung, dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah : kelainan bentuk tulang belakang seperti scoliosis, ketegangan otot cedera cedera otot, posisi atau postur tubuh yang salah baik saat beraktivitas maupun saat duduk/ berdiri/ berbaring, stenosis spinal === penyempitan tulang belakang yang menekan saraf tulang belakang, Hernia nukleus pulposus === penonjolan Bantalan tulang belakang, osteoarthritis === peradangan tulang dan sendi, dan lain sebagainya. 

    Beberapa penyakit yang telah disebutkan diatas dapat juga pada akhirnya dapat menimbulkan kondisi sesak nafas. Kami menyarankan kepada Anda untuk menemui dokter spesialis ortopedi atau tulang terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, rontgen, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati