Tanya Dokter

  • Sakit punggung dari leher hingga tulang ekor

  • dok, saya ingin bertanya

    saya akhir-akhir ini mengalami sakit punggung dari leher hingga tulang ekor, bahkan sendi saya sering linu, nyeri. saya sudah bertahun" tidur dilantai hanya beralaskan tikar. kira" penyakit apa yang saya derita ? dan bagaimana cara mengurangi rasa sakit tersebut ?

    mohon dijawab y dok

    terimakasih

    Halo Alvina, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Keluhan nyeri punggung merupakan keluhan yang cukup banyak di kalangan masyarakat. Berbagai penyakitpun dapat menyebabkan keluhan nyeri pinggang ini. Adanya nyeri pinggang dapat dipikirkan beberapa kondisi penyakit yang bisa terjadi. Adapun beberapa kondisi tersebut sebagai berikut: 

    • Adanya penyakit pada otot. Kondisi kelemahan pada otot dan menyebabkan otot punggung tidak mampu menahan berat badan dengan optimal, dengan demikian dapat menyebabkan tulang belakang menjadi penekanan dan akhirnya menekan saraf tulang belakang.

    • Adanya gangguan pada saraf ischialgia. Kondisi ini ditandai dengan adanya nyeri punggun bawah, menjalar ke pinggang,ke paha bahkan ke salah satu kaki.

    • Adanya penyakit pada organ sekitar punggung dan pinggang. Misalnya keterlibatan ginjal, adanya batu atau peradangan pada ginjal dan saluran kemih dapat menyebabkan keluhan nyeri pinggang

    • Adanya penyakit pada organ dalam perut yaitu saluran pencernaan. Walaupun nyeri di organ di bagain perut tertentu. Dapat terjadi yang disebut nyeri alih, dimana nyeri yang dirasakan hingga ke punggung. Adanya gangguan pada sistem pencernaan mungkin diperkuat jika terjadi keluhan lain seperrti diare atau susah BAB ataupun gejala lainnya. Jika ada keluhan BAB berdarah pikirkan adanya kolitis ataupun wasir (ambeien)

    Adapun faktor-faktor resiko yang dapat mempengaruhi terjadinya nyeri pinggang tersebut:

    1. Kelebihan berat badan (overweight atau obesitas)

    2. Ada tidaknya cedera yang dialami sebelumnya yang mengenai jaringan sekitar pinggang. Cedera ini dapat berupa cedera yang disadari atau cedera yang tidak disadari. Cedera-cedera kecil yang terus berulang dapat terjadi.

    3. Olahraga yang berlebih yang menambah beban pada punggung dan pinggang. Teruama olahraga-olahraga yang menumpu seperti lari, loncat, jogging, sepak bola,badminton, tennis, dll.

    4. Adanya pergerakan pinggang yang salah dan terjadi berulang kali. Biasanya aktivitas ini menyebabkan cedera minor pada jaringan punggung

    5. Proses penuaan. Semakin berkurangnya jaringan-jaringan penunjang sendi punggung dan sekitarnya misalnya glucosamine, kolagen, cairan synovial sendi. Sehingga diperlukan sejak jaman muda untuk mengkonsumsi makanan untuk cadangan demi kesehatan sendi. 

    6. Lama tidak melakukan pergerakan.  Banyaknya aktivitas seperti duduk seharian dapat memperlemah otot punggung.

    7. Adanya penyakit yang mendasari. Cedera yang disebutkan di atas dapat mengenai bagian punggung dan sekitarnya. Jika mengenai punggung itu sendiri misalnya pada kondisi rematik dapat berupa rheumatoid arthritis. Jika terkena bagian ligamen dapat berupa peradangan pada ligamen, atau pada tendon dapat berupa tendinitis.

    Pada kasus pasangan Anda, dimana terdapat riwayat tidur di lantai, dapat mengenai tulang punggung ataupu otot punggung dan dapat terjadi penekanan pada bagain tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan adanya kondisi medis lainnya. Untuk mengurangi keluhan dapat dilakukan kompres hangat pada area punggung tau dapat mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri yang didapatkan di pasaran bebas seperti parasetamol, ibuprofen selama tidak ada riwayat alergi selama ini ataupun dengan menggunakan antinyeri yang dioles. Salah satu olahraga yang diyakini dapat memperkuat otot-otot punggung bawah dan mengurangi nyeri punggung adalah berenang. Tidak terlalu lama duduk dan sesekali menlakukan stretching dapat membantu menguatkan otot-otot punggung bawah.


    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam, dr. Tiwi