Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri pada punggung

  •  Nata Wijaya
    Anggota

    Selamat malam dok,mohon bantuannya. Saya berusia 21 tahun. Saya mempunyai keluhan seperti ini: 1. Kaku dan sakit dibagian punggung saat membungkuk atau ketika ruku saat solat terasa sakit hingga ke betis(kaki kanan saja). 2. Bila duduk kadang terasa sakit dibagian tulang paha bagian belakang hingga ke betis dan kadang" sampe keperut.sakitnya hanya pada bagian kaki kanan saja seperti ditusuk".dan kenyud kenyud.sakitnya luar biasa dok. Awal mulanya, saya sering duduk di depan komputer hingga berjamjam karena mengerjakan Skripsi. sudah 2 bulan lebih sakit yg saya tidak ada perubahan. Saya sudah periksa kedokter. Dokter memberi obat pereda sakit dan pelentur otot.dan menyarankan melakukan olahraga streccing. Tetapi hasilnya nihil. Hingga saya memutuskan di urut ke tukang urut saraf.tapi hasilnya tetep nol .dan sekarang bila sudah duduk terus berdiri terasa sakit. kira" penyakit apa yg saya alamai dan Mohon solusi nya dok. Terimakasih.

    Nata Wijaya  Nata Wijaya
    Anggota

    Berjalan saya tidak merasakan sakit apa apa. Tetapi bila duduk dengan posisi tegak sakitnya terasa hebat.serasa ditusuk-tusuk dibagian tulang pinggul bagian kanan,betis,kadang sampe kebagian perut bagian kanan. Hanya bagian kaki kanan saja yg mengalami sakit. Ketika membungkuk atau ruku ketika solat.rasanya dibagian punggung sampe bagian kaki kanan kaya ketarik dan sakit bila dipaksakan untuk ruku. Kira apa yg saya alami. Kaku otot, apa syaraf kejepit. Mohon solusinya dok.

    Halo,   Nyeri pada punggung bawah yang menjalar hingga ke betis bisa disebabkan karena :

    1. Ischialgia
    2. Spinal stenosis
    3. Sindrom piriformis
    4. Gangguan saraf
    5. Bergesernya tulang belakang (slipped disc)
    6. Jepitan tulang saraf (HNP)
    7. dll.
    Agar penyebab keluhan Anda menjadi jelas maka pemeriksaan menyeluruh akan diperlukan. anda bisa berkonsultasi dengan dokter ortopedi atau dokter syaraf terdekat. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes medis seperti tes EMG, tes konduksi saraf, Rontgen, CT SCAN, MRI dll jika perlu. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan. Solusi yang bisa membantu Anda mengurangi nyeri antara lain adalah :
    1. Kompres hangat dan dingin bergantian pada bagian yang nyeri.
    2. Minum obat pereda nyeri.
    3. Fisioterapi
    4. chiropractik
    Baca topik Nyeri pinggang. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Nata Wijaya  Nata Wijaya
    Anggota

    Oh iya dok terimakasih banyak solusi dan sarannya. Kalau misalkan dipijit,apakah akan membaik atau makin memburuk dok?

    Mas saya juga mengalami kejadian sama seperti mas. Sembuhnya gimana ya ?