Tanya Dokter

  • sakit punggung tidak tertahankan

  • dok saya mau bertanya saya sering sekali mengalami sakit punggung bagian belakang secara tidak tertahan kan dan saya juga sering merasa kesemutan di bahu bagian bawah sebelah kiri.itu kenapa ya dok terima kasih sebelum nya?

    Hai, Sebagian besar penyebab nyeri punggung merupakan hal yang tidak berbahaya. Nyeri punggung pada umumnya akan hilang sendiri dalam waktu 2-12 minggu. Namun, pada beberapa kasus nyeri punggung sangat menyiksa hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Sakit punggung paling sering dipicu adanya kesalahan postur, sehingga menyebabkan cedera pada struktur-struktur di sekitar punggung seperti otot dan ligamen. Berikut merupakan beberapa kondisi yang sering memicunya :

    1. duduk membungkuk di kursi
    2. membalikan badan secara tiba-tiba
    3. berkendara dengan posisi membungkuk dalam waktu yang lama
    4. olahraga secara berlebihan
    5. posisi tubuh yang salah pada saat mengangkat beban berat
    6. dan lainnya
    Selain itu nyeri punggung juga dapat terjadi akibat hal yang lebih serius seperti herniasi nukleus pulposus, skoliosis, fraktur vertebra, dan lainnya. Untuk mengetahui penyebab dari keluhan nyeri punggung, dan termasuk rasa kesemutan di bahu yang Anda alami, sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Dokter akan menanyakan lebih lengkap mengenai riwayat keluhan yang Anda alami, melakukan pemeriksaan fisik, dan juga melakukan pemeriksaan penunjang seperti tes lab darah, CT scan dan MRI. Untuk penanganannya akan disesuaikan dengan apa yang ditemukan menjadi penyebabnya. Berikut merupakan beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah nyeri punggung :
    • memperbaiki postur tubuh saat duduk, tidur, dan berdiri
    • berolahraga ringan secara teratur
    • cukup istirahat
    • mempelajari cara mengangkat beban berat yang baik dan benar
    Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari