Tanya Dokter

  • Sakit punggung dan pinggang

  •  artha
    Anggota

    Dok, saya pria usia 27 tahun, tinggi 160 cm dan berat 70 kg

    Hampir setiap hari saya menghabiskan waktu saya duduk di depan komputer, kemudian sekitar sebulan yang lalu saya merasakan sakit di punggung bagian tengah dan saya biarkan karena saya pikir nanti hilang sendiri, setelah satu bulan tidak hilang saya mulai melakukan sedikit stretching hasilnya rasa sakit pun mulai hilang, namun sakit itu muncul lagi saat saya bangun pagi (saat mulai duduk). Yang saya mau tanyakan apakah ini karena terlalu banyak duduk atau ada kemungkingan saraf terjepit pada punggung saya atau kemungkinan lain?

    setelah beberapa hari, saya merasakan pegal pada area sekitar panggul dan pinggang, yang diikuti nyeri pada bagian bawah perut sebelah kiri (dekat selangkangan), selangkangan kiri, dan paha bagian dalam sebelah kiri. Rasa pegal ini hilang saat bangun pagi dan melakukan aktivitas fisik, namun muncul kembali setelah selesai aktivitas, rasa pegal ini paling terasa saat duduk agak lama. apakah pegal pada pinggang dan panggul saya ini hanya sakit pinggang biasa karena terlalu lama duduk  atau ada kemungkinan gangguan ginjal atau gejala dari saraf terjepit atau ada kemungkinan lain?

    "karena saya khawatir ada gangguan ginjal, saya memperbanyak minum air putih, sehingga sering buang air kecil, setelah banyak minum air warna urine hampir sama dengan warna air putih namun sedikit keruh. bagaimana menurut anda?"

    apakah saya boleh melakukan olahraga angkat beban dengan kondisi seperti ini?

    terimakasih sebelumnya

    artha  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hai Artha Otot punggung kemungkinan besar terasa sakit karena kurang kuat dan terlatih sehingga yang perlu dilakukan adalah melatih otot-ototh tersebut dengan olahraga secara teratur dan secara bertahap untuk memperkuat. Ketika otot-otot tubuh melemah, terutama otot-otot punggung, postur tubuh kita secara otomatis akan berubah dan menjadi tidak benar. Duduk terlalu lama meningkatkan tekanan pada tulang punggung dan membuatnya tidak berjajar seperti semestinya. Semua ini kemudian menekan otot-otot tubuh untuk bekerja lebih keras untuk menopang posisi tubuh saat duduk Dengan berolahraga secara teratur, bukan hanya otot-otot punggung yang akan menguat tapi postur tubuh juga akan menjadi lebih baik dan benar. Selain itu, cobalah untuk berdiri dan berjalan-jalan secara teratur setelah duduk selama beberapa jam. Ini untuk melepaskan tekanan pada tulang dan otot-otot punggung. Indeks massa tubuh yang di atas normal atau kelebihan berat badan juga menambah tekanan extra pada otot dan tulang tubuh. Sehingga dengan mengurangi berat badan ke tingkat yang sehat, beban otot dan tulang tubuh akan lebih ringan. Untuk tinggi kamu, 160 cm, berat badan yang sehat berada di antara 48-64kg. Jika sakit tidak tertahankan, minumlah obat pereda sakit untuk sementara, misalnya parasetamol, sesuai dengan aturan pemakaiannya. Segera temui dokter jika sakit bertambah parah atau tidak sembuh-sembuh. Laman berikut dapat membantu kamu mengerti lebih lagi tentang sakit punggung: http://www.alodokter.com/nyeri-punggung   Selain ketegangan otot, sakit di selangkangan bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya: peradangan sendi epididimitis hernia batu ginjal artritis skiatika saraf yang terjepit keseleo infeksi saluran kemih Untuk memastikan penyebab sakit di selangkangan, periksakan diri ke dokter. Dokter bisa memeriksa secara fisik dan menganjurkan beberapa tes, untuk mencari tahu penyebab sebenarnya. Berikut laman-laman yang dapat membantu kamu mencari tahu penyebabnya: http://www.alodokter.com/batu-ginjal http://www.alodokter.com/hernia/ http://www.alodokter.com/infeksi-saluran-kemih Segera ke IGD atau rumah sakit terdekat jika kaki dan sekitar bokong mati rasa serta kehilangan kontrol untuk buang air kecil atau besar. Hindari mengangkat beban-beban berat samap rasa sakit hilang. Ketika duduk, pastikan postur tubuh tetap tegak. Kamu bisa menggunakan bantal dibelakang punggung untuk memberikan support extra. Pastikan lutut dan tulang pinggul pada level yang sejajar ketika duduk. Semoga membantu.   Dr Liyadi

    artha  artha
    Anggota

    Sakit punggung saya sdh mulai tidak terasa, tp sakit pada bagian pinggang msh terasa, biasanya berapa lama sakit pinggang akan sembuh dengan sendirinya (dgn olahraga) apabila sakit pinggang ini disebabkan otot yg kurang terlatih/terlalu lama duduk (agar saya bisa ke dokter apabila sakit tidak sembuh jg dalam kurun waktu tersebut/ mgkn indikasi penyakit lain)? terimakasih...

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.