Tanya Dokter

  • Penyebab sering sakit punggung bagian belakang

  •  Indri Pertiwi
    Anggota

    Halo dok, saya berumur 20th, saya sering mengalami sakit punggung bagian atas, dulu pas SMA pernah tertabrak motor, dan mengalami benturan yg sangat keras terutama bagian punggung, saat saya ke dokter, kata dokter tidak apa", tapi sampai sekarang saya masih sering mengalami sakit punggung, dan kadang berpindah ke bagian bawah ketiak yg sejajar dg payudara, dan saya pun kadang selalu mengalami sakit saat bernafas, itu kenapa ya sok? Terimakasih

    Halo Indri,

    Trauma dapat menyebabkan  cedera pada tulang ataupun medula spinalis (syaraf didalam tulang belakang). Spektrum kelainan yang terjadi akibat benturan dapat berupa penjepitan syaraf, pergeseran tulang belakang, tumbuhnya bagian tulang baru yang tidak rata bahkan adanya patah pada bagian yang mungkin sangat kecil dan sulit di amati dengan pemeriksaan X-Ray biasa. Pemeriksaan fisik saja juga tidak cukup untuk menegakkan diagnosis pada cedera tulang belakang, dibutuhkan pemeriksaan khusus  seperti MRI atau CT scan untuk mengevaluasi tidak hanya sistema tulang namun juga gambaran jaringan disekitarnya.  Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan dengan konsultasi dengan dokter ahli orthopedik (tulang) atau dokter ahli bedah syaraf.

    Adanya penjalaran nyeri ketempat lain, kesemutan, sensasi tertusuk dsb. adalah gejala khas dari cedera syaraf. Bisa jadi hal inilah yang menyebabkan nyari pada ketiak dan sekitar payudara. Namun sebab lain yang terpisah seperti masalah lokal pada otot dada, rusuk maupun adanya benjolan pada payudara harus disingkirkan terlebih dahulu. 

    Untuk mengurangi nyeri, biasanya dokter akan meresepkan obat anti nyeri, misalnya golongan NSAID. Rangkaian fisioterapi rutin  sangat dianjurkan dengan konsultasi dengan seorang ahli fisioterapis, apalagi mengingat usia  Anda yang masih muda,  diharapkan alignment tulang dapat membaik sehingga nyerioun akan berkurang. Selain itu penggunaan korset agar postur tetap tegak kerap kali membantu mengurangi  nyeri. Namun pada kasus penjepitan syaraf yang berat, operasi mungkin dibutuhkan.

     

    Saat ini yang bisa dilakukan adalah menghindari mengangkat beban yang berat, bila diharuskan mengangkat suatu beban, lakukan bersama dengan bantuan orang lain atau jongkok terlebih dahulu dan pelan-pelan berdiri agar mengurangi beban tulang belakang. Bila Anda kelebihan berat badan, usahakan juga untuk menguranginya karena akan memeperparah gejala. Lakukan kompres hangat pada area yang nyeri untuk membuat Anda merasa lebih nyaman.

    Sekian, semoga bermanfaat

    Dr. Siti Rahmayanti