Tanya Dokter

  • Sakit punggung setelah berbaring atau duduk lama

  •  Nisa Widia
    Anggota
    Sore dok, saya ingin bertanya mengenai ayah saya. Ayah saya berusia 56 tahun, mengeluh akhir akhir ini sakit punggung setelah berbaring yang lama juga setelah duduk lama. Setelah berbaring atau duduk, beliau selalu membungkukkan badannya karena dirasa melakukan hal tersebut akan meringankan sakitnya. Ayah saya orang yang rajin berolah raga. Beliau juga menjaga makannya. Jarang sekali makan daging, makanan berlemak ataupun makanan yang digoreng. Beliau lebih mengutamakan sayur dan buah buahan dan banyak minum air putih (tidak berlebihan). Juga tidak merokok apalagi meminum alkohol. Kira kira penyakit apa yang diderita ayah saya ya dok? Terima kasih..

    Salam,

    Pada pasien usia lanjut dengan keluhan nyeri atau sakit punggung, kemungkinan dapat disebabkan oleh kekakuan otot tulang belakang. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kelelahan fisik ataupun berat badan pasien yang berlebih pada usia senja. Dengan demikian, otot tulang belakang bekerja lebih berat untuk menopang tubuh pasien.

    Beberapa kondisi lain di bawah ini juga dapat menyebabkan keluhan yang sama, seperti:
    1. osteoporosis atau penurunan kalsium tulang

    2. degenerasi pada sendi tulang belakang

    3. bentuk tulang belakang yang tidak normal

    4. kurang intake air putih

    5. kelelahan fisik

    6. kurang tidur

    7. gangguan pada saraf tulang belakang

    Sebaiknya Anda menyarankan oarangtua Anda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter saraf atau dokter tulang untuk pemeriksaan dan evalausi keluhan ini. Dokter akan melakukan pemeriksaan langsung dan merencanakan pemeriksaan penunjang yang diperlukan, seperti pemeriksaan darah dan rontgen.

    Perawatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga nyeri-punggung.

    dr. Ulfi