Tanya Dokter

  • Sakit saat buang air kecil

  •  Anton Riyanto
    Anggota

    Selamat Siang Dokter,

    Terkadang saat buang air kecil, saluran kencing terasa sakit, sedikit perih dan berasa panas, ini sudah berlangsung selama satu minggu lebih, apakah itu gejala infeksi saluran kencing?

    Bisakah saya obati tanpa harus ke dokter?

     

    Anton Riyanto  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Gejala-gejala seperti yang anda jabarkan dapat disebabkan oleh beberapa gangguan :

    1. ISK / infeksi saluran kemih / cystitis / radang kandung kemih; terbagi manjadi ISK atas dan bawah. Berdasarkan ada/tidaknya penyulit terbagi menjadi komplikata atau non komplikata
    2. Uretritis : trebagi menjadi Uretritis gonorrea dan Uretritis non gonorrhea
    3. Batu saluran kemih dengan atau tanpa disertai ISK
    Dilihat dari keluhan anda, sangat mungkin bahwa ini adalah suatu ISK. Saya tetap menyarankan agar anda mengunjungi dokter, dan mungkin melakukan pemeriksaan urin dan juga jika diperlukan, USG (dengan tujuan : membantu diagnosa, mengidentifikasi adanya penyulit : misal adanya batu,  dan sebagai dasar untuk melihat respon pengobatan). Penanganan ISk umumnya memerlukan pemberian antibiotika, dimana harus diberikan dengan dosis yang tepat dan dalam waktu yang memadai (7-10 hari;rata-rata). Konsumsi antibiotikan yang tidak benar akan membuat resistensi/kekebalan kuman. beberapa hal yang perlu anda lakukan ; 1. Banyak minum air putih, minimal 2-2,5 liter sehari 2 Jangan menahan kencing 3. Jika nyeri anda dapat menggunakan antinyeri seperti asam mefenamat untuk mengurangi keluhan 4. Ikuti petunjuk dokter ISK demikian yang dapaat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    Anton Riyanto  Anton Riyanto
    Anggota

    Terimakasih atas jawabannya Dokter, saya akan coba periksa dulu. selamat siang...