Tanya Dokter

  • Sakit setiap menstruasi hari pertama dan kedua

  •  Yunita Sari
    Anggota

    Dokter,saya yunita umur 18 thn kelas 3 SMK. Saya setiap bulan saat haid hari pertama dan kedua pasti selalu sakit itu terjadi saat saya kurang lebih kelas 2 SMP sampai saat ini. Saya meredakan nya dengan minuman seperti jamu (kiranti) tapi minum itu baru kelas 1 SMK. Apa yg harus saya lakukan lagi dokter..?? Dan apa minum itu baik untuk rahim saya dalam jangka waktu panjang?

    Halo, Nyeri haid merupakan hal yang wajar terjadi di awal hari pertama dan kedua menstruasi. Nyeri saat haid terjadi karena peluruhan dinding rahim saat menstruasi menimbulkan kontraksi di rahim. Kontraksi ini menyebabkan pembuluh darah rahim tertekan sehingga suplai oksigen menurun hal ini kemudian menimbulkan rasa nyeri. Untuk mengurangi gejala nyeri haid, dapat dicoba beberapa tips berikut:

    • berolahraga teratur
    • mengkompres perut dengan air hangat
    • melakukan kegiatan relaksasi
    • mengkonsumsi suplemen seperti vitamin E, B1, B6, dan asam lemak omega 3
    Nyeri saat haid harus segera diperiksakan ke dokter bila disertai dengan gejala lain, seperti jadwal menstruasi yang tidak teratur, timbul perdarahan di luar siklus menstruasi, keluar cairan lain dari vagina, dan lain-lain. Pada pemakaian obat-obatan herbal, efek sampingnya masih sulit diketahui karena belum ada penelitian yang cukup mengenai efeknya secara jangka panjang. Anda bisa membaca artikel mengenai panduan mengkonsumsi obat herbal untuk informasi lebih lanjut. Semoga membantu, dr. Tessi