Tanya Dokter

  • Sakit seluruh badan saat pengobatan TB

  •  Agramasd
    Anggota
    Dok , kenapa semua badan ibu saya sakit semua saat pengobatan TB ? Apakah ada hubungannya sakit di seluruh badannya dgn pengobatan TB yg sedang di jalani ? Terima kasih.

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Tuberkulosis atau sering disingkat TB, merupakan infeksi bakteri yang utamanya menyerang paru, juga organ lainnya (TB ekstraparu). Karena disebabkan oleh bakteri, maka pengobatannya berupa kombinasi antibiotik yang diminum selama setidaknya 6 bulan.

    Selama masa pengobatan, bisa muncul efek samping akibat penggunaan obat. Secara umum dikelompokkan menjadi :

    1. Efek samping ringan, seperti penurunan nafsu makan, mual, nyeri perut, nyeri sendi, kesemutan di telapak kaki atau tangan, warna kemerahan di urin, hingga gejala menyerupai flu (demam, menggigil, lemas, sakit kepala, nyeri tulang). 
      Bila mengalami salah satu atau beberapa kondisi di atas, sebaiknya tetap melanjutkan pengobatan. Dokter akan memberikan petunjuk cara mengatasinya atau meresepkan tambahan obat guna menghilangkan keluhan
    2. Efek samping berat, yaitu muncul ruam di kulit dengan ataupun tanpa rasa gatal, gangguan pendengaran, gangguan keseimbangan, mengalami sakit kuning, mual- muntah, gangguan penglihatan, syok, gagal ginjal akut, dan penurunan produksi urin.
      Pengobatan harus dihentikan sementara dan pasien dirujuk ke dokter akan fasilitas pelayanan kesehatan rujukan agar mendapat penanganan lebih lanjut. Umumnya pasien akan dirawat di rumah sakit.

    Terkait keluhan ibu Anda di atas, bisa merupakan efek samping dari pengobatan TB yang dijalaninya atau justru disebabkan oleh penyakit lain, misalnya infeksi virus atau autoimun. Bila memungkinkan, periksakan kembali ibu Anda ke dokter yang biasa menanganinya.

    Semoga bermanfaat ya

    dr. LIli