Tanya Dokter

  • lutut ngilu yang semakin kuat bila malam

  •  Adi Bawor
    Anggota

    Slamat pagi Saya pria umur 28th bb 68kg tb 180cm saya pekerja berat di sebuah pabrik kayu.sudah 3 bulan sendi lutut saya trasa ngilu/sakit setiap hari.saya sudah berapa x urut sma tukang pijat saya jg sudah bnyak minum obat glukosamine dan melonex tp belum ada perubahan.bila malam tiba rasa sakit semakin kuat.dan harus mengoleskan balsem setiap 1jam sx.apa yg harus saya lakukan dan obat apa yg bisa ngilangin rasa sakit d lutut sebelah kanan sya tidak ada pembengkakan d lutut tp sendi terasa ngilu Mohon saran dan obat nya

    Hai,   Lutut merupakan bagian tubuh yang terdiri dari jaringan keras (tulang) dan jaringan lunak (otot, meniscus, ligamen, tendon). Nyeri pada lutut bisa disebabkan karena gangguan pada salah satu atau lebih pada jaringan pembentuk lutut tersebut. Penyebab nyeri pada lutut bisa disebabkan karena banyak faktor antara lain :

    1. Artritis pada lutut
    2. Gout
    3. Luka/ peradangan pada ligamen lutut
    4. Gangguan pada otot sekitar lutut
    5. Bursitis
    6. Plica sindrome
    7. Osteocondritis
    8. kista baker =  benjolan di belakang lutut (poplitea)
    9. Robekan pada meniscus lutut karena trauma
    10. Tendinitis
    11. dll.
    Untuk mengetahui penyebab nyeri lutut Anda maka pemeriksaan fisik dan tes medis seperti X-ray, Arthroskopi (pemeriksaan sendi lutut), CT SCAN, MRI, dll akan diperlukan. Maka dari itu hubungi dokter ahli tulang terdekat di kota Anda untuk memeriksaklan diri Anda secara seksama. Jika penyebab nyeri lutut Anda diketahui dengan jelas maka pengobatan yang sesuai bisa diberikan. Untuk mengatasi nyeri yang sangat mengganggu, Anda bisa menggunakan beberapa cara dibawah ini :
    1. Istirahatkan sendi lutut Anda.
    2. Gunakan kompres dingin jika lutut terasa nyeri disertai pembengkakan dan kompres hangat pada saat malam hari jika lutut terasa nyeri.
    3. Lakukan stretching ringan pada sendi lutut sesuai kemampuan.
    4. Gunakan verband kompress pada sendi lutut untuk mengurangi nyeri saat Anda bekerja / berdiri lama.
    5. fisioterapi
    6. Hindari mengurut lutut Anda. Anda bisa saja memperburuk kondisi nyeri lutut jika ternyata nyeri diakibatkan adanya robekan pada meniscus lutut Anda.
    7. Gunakan obat pereda nyeri yang aman seperti paracetamol, ibuprofen dll.
    8. Tanyakan pada dokter spesialis tulang Anda apakah kondisi lutut Anda bisa dilakukan injeksi kortikosteroid untuk mengurangi nyeri.
    Hubungi dokter jika langkah diatas tidak membantu mengurangi nyeri pada lutut Anda. Baca topik terkait Nyeri pada lutut. Semoga membantu.   dr. Yusi