Tanya Dokter

  • sakit seperti kesetrum di bagian pinggul dan bawah bokong

  • Siang dokter, Saya roy usia 29th saya sudah lama merasakan sakit kayak kestrum/keseleo dibagian bawah pantat dan pinggul sebelah kanan dan kiri sudah 3th ini saya merasakan sakit yg bukan main,sampai pada tahun lalu saya sampai gak bisa jalan karena digerakin sangat sakit sekali ibaratnya kayak syaraf kejepit tp pas di rongten ada tampak sendi coxae bilateral osteoarthritis gt dok.. apa ada obat atau semacam terapi yg bisa menyembuhkan prnyakit saya?trimakasih banyak penjelasannya..

    Halo Roy.........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jika kita fokuskan kepada Osteoarthritis yang telah terdeteksi pada saat Anda melakukan rontgen, maka kondisi ini merupakan salah satu jenis arthritis yang paling umum terjadi. Sendi yang paling sering terkena adalah : sendi pinggul, sendi lutut, tulang punggung, dll.

    Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini diantaranya adalah : Rasa sakit atau nyeri pada sendi pada saat digerakkan, timbul kaku pada sendi terutama pada pagi hari saat bangun tidur, kelenturan sendi yang menurun, sendi mudah sekali nyeri, lemas otot atau masa otot yang berkurang, dsb.

    Beberapa faktor risiko yang dapat menimbulkan kondisi ini diantaranya adalah : Usia tua, jenis kelamin wanita, cedera pada sendi, obesitas, adanya keturunan / anggota keluarga yang mengalami hal ini juga, pernah mengidap penyakit asam urat atau rheumathoid arthritis, dll.

    Sebenarnya kondisi osteoarthritis merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Penanganan nya hanyalah bertujuan untuk mengurangi gejala yang timbul agar pasien dapat beraktivitas dan menjalankan kehidupan sehari - hari secara normal.

    Cobalah tips berikut ini : Jika Anda obesitas === turunkanlah berat badan menjadi lebih ideal, rajin melakukan olahraga sesuai dengan kemampuan, jalani terapi fisik atau terapi okupasi, gunakan alat khusus untuk mengurangi rasa sakit pada saat Anda berdiri ataupun berjalan, Jika sangat sakit Anda dapat mengonsumsi obat pereda rasa sakit misalnya ibuprofen apabila tidak terdapat kontraindikasi terhadap tubuh Anda.

    Jika tips diatas tidak memberikan hasil yang baik terhadap apa yang Anda alami, maka diskusikanlah masalah ini kepada Dokter Spesialis orthopedi / Tulang. Dokter biasanya akan merekomendasikan prosedur operasi yang bertujuan untuk memperbaiki, memperkuat, atau mengganti sendi yang bermasalah.

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    OSTEOARTHRITIS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati