Tanya Dokter

  • Mengatasi batuk, flu dan sakit telinga

  •  Lina Oprisa
    Anggota
    Dok, anak umur 7 tahun flu batuk serta demam trus sekarang kedua telinganya sakit, apa yang harus dilakukan? Apakah berbahaya?

    Hai Lina. Kondisi nyeri telinga yang dialami anak anda dapat disebabkan oleh pilek yang dialami oleh anak anda. Hal ini dikarenakan, telinga hidung dan tenggorokan memiliki saluran pertemuan yang sama sehingga tak jarang jika ada infeksi di hidung, kuman daat berpindah akibat pertemuan saluran tersebut. Selain itu, perbedaan tekanan akibat adanya infeksi di hidung sendiri dapat menyebabkan nyeri telinga. Mengatasi penyebab dalam hal ini mengatasi batuk pilek yang dialami penting untuk membantu menghilangkan nyeri telinga yang dirasakan terutama akibat perbedaan tekanan yang ada. Jika memang ternyata telinga juga mengalami infeksi, maka penanganan infeksi terhadap telinga penting. 

    Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi yang anak anda alami terutama dengan dokter THT. Pemeriksaan fisik pada telinga, hidung dan tenggorokan baik bagian luar tanpa alat dan bagian dalam dengan alat berupa otoskopi, rinoskopi, dan laringoskopi dapat membantu. Membantu dengan menjaga daya tahan tubuh seperti memperbaiki makanan yang dikonsumsi agar seimbang, perbanyak minum air putih, penggunaan paracetamol untuk membantu menghilangkan demam, dan perbanyak istirahat dapat membantu. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa