Tanya Dokter

  • Sakit tenggorokan hingga sulit bernapas

  •  adirahmad
    Anggota

    Selamat pagi dok. Dokter tenggorokan saya sakit sekali sampai sulit untuk Bernafas dan terkadang ketika saya mengeluarkan lender an atau reyak suka berdarah. Obat apakah yg dapat saya minum untuk mengatasinya dan apa yg terjadi dengan tenggorokan saya? Mohon pencerahannya terima kasih.

    Terima kasih Adirahmad atas pertanyaannya di forum Alodokter, nyeri pada tenggorokan dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti:
    - tonsilitis
    - faringitis
    - abses

    Kondisi tonsilitis atau radang amandel merupakan kondisi yang cukup umum terjadi, dimana pada kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi seperti bakteri ataupun virus. Pada keadaan ini dapat menimbulkan gejala berupa:
    - nyeri tenggorokan
    - demam
    - badan tidak enak
    - terasa banyak dahak di tenggorokkan
    - dapat timbul bercak darah di dahak

    Pada kondisi ini biasanya penanganan dapat diberikan bergantung dari penyebab ynag menadasari radang amandel yang terjadi, bila disebabkan oleh bakteri maka terapi dapat ditambahkan antibiotik berserta obat-obatan lain yang dapat membantu mengurangi gejala yang dialami saat ini. Oleh sebab itu sebaiknya Saudara tetap dapat berkonsultasi lebih dahulu bersama dokter terkait guna dapat dilakukan pemeriksaan langsung untuk memastikan kondisi yang dialami Saudara saat ini.

    Berikut terdapat artikel seputar radang amandel

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra