Tanya Dokter

  • Penyebab sering sakit tenggorokan

  •  widyata
    Anggota

    Selamat pagi dok, saya sering sakit tenggorokan sejak SMP hingga sekarang saya sudah 24 tahun, contoh kasus: saya dalam keadaan sehat dan tidak sedang sakit tenggorokan, tetapi ketika saya makan, tenggorokan saya terasa sakit, panas atau pedas, setiap saya makan pedas saya tidak merasa pedas dimulut tetapi pedas ditenggorokan, lalu kemudian rasa pedasnya hilang, dan hal itu sering saya rasakan saat makan. Lalu setiap malam saya wajib bawa air minum saat hendak tidur,  karena saya merasa tenggorokan saya kering sekali kalau tidak rutin minum dimalam hari dan jika terbangun tengah malam tenggorokan saya terasa sakit, kembali pada poin awal padahal seharian saya dalam keadaan sehat. Apakah itu hal yang wajar dok? mohon balasannya, terimakasih

    Halo Widyata,terimakasih telah berkonsultasi di alodokter. Nyeri tenggorokan sangat umum dialami oleh siapa saja baik wanita dan pria. Umumnya nyeri pada tenggorokan dapat disebabkan berbagai hal,seperti peradangan di pita suara (laringitis), di kelenjar getah bening,kelenjar tonsil maupun disebabkan oleh infeksi pada saluran pernapasan lain,dapat juga disebabkan oleh tumor pada esofagus/kerongkongan.
    Gejala-gejala pada nyeri tenggorokan yaitu:
    1. Suara parau
    2. Sesak napas
    3. Batuk,demam,mual,muntah
    4. Penurunan berat badan
    Berikut adalah penanganan sementara yang dapat anda lakukan:
    1. Berkumur dengan larutan gargle (dijual bebas dipasaran)
    2. Mengurangi makanan pedas dan digoreng
    3. Tidak mengkonsumsi alkohol,kafein
    4. Mengurangi aktifitas yang berlebihan,istirahat cukup
    5. Mengkonsumsi obat pengurang nyeri serta penurun demam (hati-hati riwayat alergi)
    6. Segera berkonsultasi ke dokter spesialis THT mengenai keluhan anda,karena keluhan anda dengan nyeri tenggorokan dalam waktu lama dapat menjadi indikasi dari beberapa penyakit.
    Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat. Salam dr. Celleen Rei Setiawan