Tanya Dokter

  • sakit tenggorokan tak kunjung sembuh

  •  Syahriani
    Anggota

    Dok. Saya bingung dengan sakit yang saya alami. Awalnya sakit telinga dan kepala belakang sakit saat tidur ketika diperiksa ternyata ada sedikit radang di tenggorokan. Setelah 2 minggu sembuh. Sakit tenggorokannya muncul lagi. Tapi tidak sembuh juga. padahal demam, flu tidak. Tetapi sakit leher hingga bahu belum sembuh. Mohon solusi secepatnya dok.

    Hai, Radang tenggorokan atau yang dikenal di dunia medis dengan istilah faringitis terjadi karena adanya infeksi, baik virus maupun bakteri. Orang yang menderita radang tenggorokan umumnya mengalami :

    1. sakit ketika menelan
    2. sakit kepala
    3. sakit otot
    4. pembengkakan pada kelenjar getah bening leher
    5. pembengkakan amandel / tonsilitis
    6. batuk, pilek
    7. demam
    8. dan lainnya
    Radang tenggorokan sering terjadi pada anak dan remaja. Radang tenggorokan juga lebih sering menyerang orang dengan imunitas / daya tahan tubuh yang kurang. Orang dengan daya tahan tubuh yang rendah cenderung dapat mengalami radang tenggorokan yang berulang. Untuk memastikan penyebab dari keluhan yang Anda alami sebaiknya Anda menemui dokter secara langsung. Untuk keluhan sakit tenggorokan yang berulang dan berlangsung lama ini, dokter butuh untuk mengetahui lebih rinci mengenai riwayat keluhan yang Anda alami, melakukan pemeriksaan fisik secara langsung, serta melakukan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan, seperti tes lab darah dan laringoskopi. Berikut merupakan beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan :
    • hindari merokok dan berhenti merokok
    • gunakan masker jika berada di tempat yang penuh asap / polusi
    • bersihkan barang-barang di rumah
    • konsumsi cukup air putih setiap harinya
    • istirahat yang cukup
    Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari