Tanya Dokter

  • Sakit yang tak tertahankan saat menstruasi

  •  Dini Marsella
    Anggota

    Permisi dok.. Saya umur 17 tahun ,dari saya kelas 6 saya mengalami sakit perut yang tak tertahankan saat hari pertama mens sampai sampai seminggu sebelum tanggalannya saya frustasi mnghadapi hari pertama mens yg akn segera dtg. Saya pernah nyoba USG dan rahim saya normal. Sakit sebelum tanggalannya itu pegal, mual, lesu dan sakit perut. Dan pas hari H nya dan udah keluar sedikit , langsung lemas , sakit perutnya nggak nahan banget sampai mau buat tidur nggak enak , duduk nggak enak, mengganggu aktivitas banget, mual , pusing, pegal dan sakit di kaki. Teman teman saya pada nggak percaya kalo hari pertama mens saya sesakit itu.. Gimana yaa dok caranya agar aku tidak merasakan sesakit itu saat hari pertama mens seperti temanteman saya dan wanita laiinnya ?

    Halo, Rasa nyeri saat menstruasi dinamakan dengan dysmenorrhea. Hal ini terjadi akibat perut mengalami kontraksi ketika dinding rahim meluruhkan darah haid. Intensitas nyeri yang dirasakan pada masing-masing wanita akan berbeda. Karena hal ini berhubungan dengan kondisi hormonal kamu dan juga kecepatan peluruhan dinding rahim. Hal yang kamu rasakan merupakan hal yang wajar jika terjadi saat hari pertama sampai kedua menstruasi. Tetapi jika nyeri hebat bertahan selama menstruasi, maka disarankan agar kamu memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena mungkin saja hal ini disebabkan oleh hal yang lain. Untuk mengurangi rasa nyeri, kamu dapat mengompres perut dengan menggunakan air hangat. Meminum obat pereda nyeri seperti paracetamol juga akan cukup membantu dalam mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Silahkan menyimak diskusi berikut tentang nyeri haid di hari pertama Semoga membantu, dr. Tri

    Dini Marsella  Dini Marsella
    Anggota

    Pas saya USG dokternya bilang "nggak usah khawatir rahim kamu normal" dan tidak ada tindakan lebih lanjut dok... kalau setiap mens hari pertama minum paracetamol bahaya nggak yaa dok ? Karena yang saya tahu pada saat mens tidak boleh mengkonsumsi obat apapun untuk menghilangkan nyerinya supaya nggak kena penyakit apa gitu saya lupa dok..

    Halo, Paracetamol aman dikonsumsi oleh seorang wanita yang sedang menstruasi. Tetapi jika kamu khawatir, kamu dapat mengompres perut dengan air hangat untuk mengurangi nyeri. Salam, dr. Tri

    Dini Marsella  Dini Marsella
    Anggota

    berari kalo digunain terus menerus ( tiap nyeri mens ) nggak papa nih dok ? udah pernah ngompres dok dan tidak berkurang sama sekali rasa sakitnya

    permisi juga. dok saya juga merasa demikian di hari prtma tapi disertai dingin yg amat menusuk. umur 17 thn. bgaimna yah pnjelasan.a?

    Dini Marsella  Naning Setya
    Anggota

    Kakak coba minum promag pasti nanti sakitnya berkurang