Tanya Dokter

  • salah diagnosa

  •  Tuan Muda
    Anggota

    Hallo dok, Saya bulan lalu berobat ke dokter spesialis paru dan di diagnosa sakit tb / pneunomia dari hasil rotgen dan saya di beri antibiotik selama 1minggu untuk memastikan diagnosa dan di suruh periksa lagi tapi saya tidak kembali dan cari dokter spesialis paru di rumah sakit lain dan saya lupa kasih tau riwayat sakit saya ke dokter baru ini,lalu dokter menyuruh saya untuk rotgen lagi dan hasil rotgen sudah milai membaik yg awal nya paru saya putih hampir setengah skrg putih nya sudah mulai hilang tapi bercak nya masih banyak dan dokter vonis saya terkena tb paru.saya sudah minum obat tb paru selama 3 minggu tapi sekarang dada saya kembali nyeri apa emg saya terkena tb / pneunomia?haruskah saya tes BTA dok?lalu kalau tes BTA penyakit tb / pneumonia jadi ketaun dok?

    Hai Reza Pneumonia berbeda dengan TBC (tuberkulosis). Pneumonia adalah infeksi jaringan paru yang secara umum disebabkan oleh bakteri atau virus, sedangkan TBC adalah spesifik disebabkan oleh infeksi bakteri mikobakterium tuberkulosis. Pengobatan TBC dibutuhkan minimal 6 bulan secara rutin dan tidak boleh putus ditengah, dikarenakan bakteri harus mati sepenuhnya. Untuk mendiagnosis TBC selain dari gejala klinis, juga diperlukan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen dan cek dahak BTA, bila pada dahak ditemukan bakteri BTA maka diagnosis TBC lebih kuat dan biasanya lebih menular, namun tidak selalu pada TBC hasil dahak BTA harus positif dikarenakan beberapa faktor seperti:

    • Pada saat pemeriksaan dahak bukan dahak yang keluar melainkan ludah
    • Sudah mendapatkan pengobatan sehingga sebagian bakteri TBC sudah mati
    • Bakteri TBC tidak masuk ke dalam saluran paru (bronkus)
    • Pemeriksaan kurang akurat.
    Sebaiknya Anda melakukan kontrol ulang pada dokter Anda bila gejala belum membaik. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Pneumonia Tuberkulosis. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william