Tanya Dokter

  • Mengatasi salah cara pakai obat

  •  terserahgue
    Anggota
    Malam dokter, saya barusan memimum zinc dispersible dengan cara menelan langsung, karena tidak membaca catatan yg diberi apoteker saat di puskesmas tadi. Apakah yang harus saya lakukan? Oh iya dok, saya sudah 3 minggu menderita bab. Sudah ke puskesmas beberapa kali. #1 diberi zinc diapersible (diminum beberapa kali, karena dokter menyuruh saya mengganti dengan antihemoroid) #2 diberi antihemoroid #3 diberi laxana + zinc dispersible Catatan: Usia 22 # Jarang makan nasi, ayam dan daging merah (1×sebulan) # Setiap pagi dan malam (makan buah pepaya) kadang ditambah melon # Setiap hari makan sayur (kangkung, bayar, sop, buncis, kacang hijau) # Makan telur omega 1xsehari # suka ngemil kacang tanah # jarang olahraga, tapi setiap hari jalan kaki atau naik sepeda # tempe bacem atau tahu bacem sebagai pengganti lauk Tapi hingga saat ini belum ada perubahan. Kira2 apa yg saya derita? Saya selalu datang ke puskesmas pd malam hari karena pagi - sore kuliah, sehingga pihak puskesmas tidak bisa memberi surat rujukan. Terimakasih

    Halo. Zinc adalah salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Mineral ini memiliki beragam manfaat, seperti membantu penyembuhan luka, berperan dalam indera perasa dan penciuman, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel, serta mengurai karbohidrat. Pemberian zinc berfungsi untuk membantu memperbaiki https://www.farmasi-id.com/kamus/glossary/mucosa/">mucosa usus yang rusak dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh secara keseluruhan. Selain dapat menurunkan keparahan diare. Zinc diminum selama 10 hari dengan cara dilarutkan dalam air. Untuk pengkonsumsian yang langsung diminum belum dilaporkan adaefek sampingnya. Karena baru sekali jadi tidak perlu merasa khawatir. Selanjutnya diharapkan minum obat sesuai dosis dan aturan pakai.

    Sebaiknya untuk kondisi Anda, diperiksa langsung dan lebih lengkap oleh dokter agar dapat menentukan penyebabnya. Bila tidak memungkinkan Anda bisa diberikan rujukan kepada yang lebih ahli. Sistem rujukan dalam era JKN sekarang memang seperti itu. Puskesmas akan melayani pasien dari pagi-sore hari mulai dari pengobatan sampai rujukan. Sementara itu untuk malam hari memang kasus yang sifatnya emergensi sehingga sebaiknya Anda berobat dipagi dan siang hari saja ke puskesmas.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S