Tanya Dokter

  • cara meminum pil kb

  • Halo dok..

    Saya mau tanya. Saya terbiasa meminum pil kb planotab.. Dan kemarin saya ganti pil kb andalan.. Memang ada perbedaan arah panah yg membuat saya bingung.

    Nah disitulah saya melakukan kesalahan. Menjelang pil akan habis saya kebingungan. saya salah membacanya.. Dan disitu saya seharusnya minum pil dihari senin. Dan saya kaget melihat pil nya sudah ga ada. Saya berfikir saya telah meminumnya pagi .

    Wah pas saya akan minum pil di hari selasa saya juga tercengang melihat pil yg says kira sudah saya minum itu pil saat haid.. Jadi hari senin itu saya ga minum pil

    terus seminggu kemudian jatah waktu untuk haid.. Tapi kenapa saya belum haid hingga pil ke -6haid itu..tapi saya tetap meminumnya

    Saya tes pack juga negative.. Saya bingung mau meneruskan minum pil nya apa ga.. Soalnya saya takut nanti kalo saya beneran hamil..

    Apa pil kb tidak berpengaruh nantinya..

    Mohon jawabannya

    Halo, Andalan maupun Plano tab mengandung 21 tablet hormonal (hormon progesteron dan estrogen) dan 7 tablet plasebo. Tablet pertama diminum pada hari pertama haid selama 21 hari dan plasebo 7 hari kemudian. Pil diminum pada waktu yang hampir bersamaan. Ini yang perlu anda lakukan bila lupa mengkonsumsi salah satu tablet:

    • Bila lupa meminum 1 tablet hormonal, minum 2 tablet hormonal keesokan harinya,
    • Bila lupa mengkonsusmi lebih dari 2 tablet, lanjutkan mengkonsumsi obat hormonal dengan membuang obat yang terlupakan dan melanjutkan mengkonsumsi obat seperti seharusnya. Namun selama 7 hari diwajibkan menggunakan kondom bila berhubungan seksual.
    • Bila pil plasebo lupa diminum, buang pil yang terlupa dan lanjutkan mengkonsumsi pil sesuai dengan yang seharusnya.
    Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama

    Bila setelah beberapa lama tidak haid dan ketika dilakukan testpack ternyata hamil, hentikan segera penggunaan pil kb. Pada saat sedang tidak hamil pil kb mengandung progesteron dan estrogen membuat hormon tubuh seperti dalam kondisi hamil. Dimana :

    • Terjadi pencegahan pelepasan sel telur,
    • Pengentalan lendir leher rahim,
    • Penebalan dinding rahin.
    Pemberian pil KB merupakan pemberian hormon secara perlahan kedalam tubuh dan efeknya akan hilang pada saat tidak diminum. Bila mengkonsumsi pil KB pada saat hamil tidak memberikan efek yang terlalu berarti dikarenakan hormon yang sama telah naik didalam tubuh guna mempersiapkan pertumbuhan janin dan efek pil KB pun tidak bertahan lama dalam tubuh. Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama.