Tanya Dokter

  • Efek salah takaran dalam minum obat

  •  Nia Rohaeni
    Anggota
    Dok,hari ini anak saya 5 tahun panas. Saya kasih obat proris. Di kemasan disebutkan Dosisnya 1 sendok takar. Takaran yg ada di dalam obat bukan sendok tapi takaran yang bulat. Karena terburu buru saya kasih 1 takaran itu. Setelah diminum saya baca 1 takaran itu 15 ml , seharusnya saya kasih 5ml. Efek nya apa ya dok?

    Hi

    Salah satu gejala yang paling sering saya anak sakit , biasanya demam. Demam terjadi karena proses fisiologis tubuh dalam melawan penyakit, namun kalau terlalu tinggi sebaiknya diturunkan dengan obat penurun panas, Salah satunya obat Proris yang kandungannya Ibuprofen , dosis yang di konsumsi anak-anak 5-10mg/kg bb tergantung dari tingkat demamnya. 

    Takaran dalam obat biasanya 200mg/5cc pada Proris Forte syrp dan 100mg/5cc pada proris syrp. Jika Dosis yang diberikan berlebihan bisa mengakibatkan Efek Samping antara lain :

    1. Mual dan Muntah
    2. Perut Kembung
    3. Nyeri Ulu Hati
    4. Gangguan Pencernaan
    5. Sakit Kepala 
    6. Diare atau Konstipasi
    7. Tukak Lambung
    8. Muntah Darah
    9. Tinja Berwarna hitam disertai darah

    Setiap Anak memiliki resistensi yang berbeda-beda terhadap setiap dosis obat yang dikonsumsi, Oleh karena itu jika dosis yang diberikan overdosis sebaiknya anak datang ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

    Berikut Informasi terkait Ibuprofen

    https://www.alodokter.com/ibuprofen

    Semoga Bermanfaat , Salam dr Celleen