Tanya Dokter

  • Aanak mencret setelah minum obat, apakah salah pemberian dosis obat?

  •  Dety Nurindah
    Anggota
    Selamat malam dok.. Sebelum saya bertanya,saya mau jelasin kronologis kenapa bisa kelebihan/salah kasih dosis obat ke anak saya. "Waktu hari kamis malam anak saya sakit mata(matanya belekan kalau bangun tidur) + panas + batuk, terus saya langsung bawa anak saya ke puskesmas dekat rumah, sepulang dari puskesmas sekitar jam 1 langsung saya kasih obat panas + obat matanya saja. Besok paginya (hari jumat) sekitar jam 8 saya kasih obat panas + obat batuk/pilek/alergi, terus siangnya sekitar jam 12.00 saya kasih obat yang sama. Jam 13.00 anak saya tiba-tiba jadi buang-buang air besar, sampai sekitar jam 23.00 dia BAB sudah 5x, badannya panas lg dan suara jd agak serak , terus langsung saya kasih obat yg sama (obat panas + obat batuk/pilek/alergi) Alhamdulillah gk lama panasnya langsung turun tapi BAB nya belum berhenti dan suara anak saya tambah serak (hampir tidak bisa terdengar suara nya) . Hari sabtunya saya gak kasih obatnya dlu (obat panas dan obat batuk) , karna saya mau kasih anak saya obat lain untuk BAB nya (LACTO_B),saya kasih obat nya dicampur sama air minum (sekitar jam 11 siang) sempat berhenti BAB nya. Besok paginya (minggu jam 7) anak saya BAB lg sampai sekitar jam 9 sudah 3x BAB, langsung saya kasih LACTO_B lg dicampur sama air minum nya, Alhamdulillah sampai sekarang belum BAB lg, td sekitar jam 23.00 anak saya panas lagi terus pas saya mau kasih obat yg dari puskesmas (obat panas dan obat batuk/pilek/alergi) saya baru liat lagi keterangan obatnya, ternyata obat yg untuk batuk/pilek/alergi hanya di minum 1x sehari 1/4 (tablet 1 dibagi 4) tapi waktu hari jumat saya kasih anak saya lebih dari 1x 😭. Pertanyaan saya. *Apa mungkin anak saya jd buang2 air dan suara serak karna salah kasih dosis obat? *apa yg seharusnya saya lakukan saat ini untuk mengobati anak saya? *apa efek dari salah pemberian dosis pada anak? Note: Anak saya usia 1th Terima kasih.

    Hallo Ibu

    Pemberian obat-obatan sebaiknya berdasarkan hasil pertimbangan klinis dokter, karena konsumsi obat yang tidak sesuai indikasi maupun yang tidak tepat dosis dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi yang mengkonsumsinya.

    Menanggapi pertanyaan Anda

    1. Ada beberapa kemungkinan sehingga anak Anda menjadi mencret dan serak suaranya yang pertama adalah adanya kondisi medis lain yang terjadi bersamaan pada saat anak Anda sedang sakit mata (contoh anak Anda awalnya kena sakit mata namun kemudian kena infeksi pencernaan dan radang tenggorokan), kedua adalah kondisi sakit mata tersebut lah yang akhirnya berkembang semakin berat sehingga menimbulkan gejala berupa mencret dan serak. Dan yang ketiga adalah adanya efek dari obat-obatan akibat dosis berlebihan

    2. Bawalah anak Anda kembali ke dokter untuk dilakukan evaluasi kembali terkait apa sih faktor-faktor yang memicu anak Anda sehingga sampai mencret, serak, dan demam disisi lain dia sedang sakit mata. Dokter perlu memeriksakan fisik anak Ibu dan juga melakukan wawancara yang lebih terarah kepada ibunya atau orang yang mengasuhnya. 

    Dari hasil pemeriksaan tersebut dokter dapat menentukan sumber masalah dari kondisi yang dialami anak Anda, dan merencanakan pemberian obat-obatan yang tepat. Jadi jangan berikan obat-obatan ataupun dosis obat tanpa pertimbangan dokter yaa.

    3. Setiap jenis obat memiliki efek samping maupun efek dosis berlebih yang berbeda-beda, jadi tentunya kita tidak bisa mengetahui pasti obat batuk/pilek/alergi apakah yang Anda berikan ke anak Anda sehingga sulit mengetahui pasti efek samping ataupun efek dosis berlebih yang mungkin timbul.

    Namun secara umum efek samping pemberian obat adalah timbul reaksi alergi, berdebar-debar, pusing, pingsan, dan yang paling berat adalah syok anafilaktik

     

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold