Tanya Dokter

  • Pengobatan penyakit herpes

  •  Andita
    Anggota

    Dok saya mau tanya,,,salep apa untuk mengobati sakit kulit herpes. Kamaren sudh sempet berobat k dokter kulit tapi gk di kasih salep cuma obat minum aja. Trus knapa lom ada perubahan y padahal saya udh habis 1 blister acrovyl.kira" berapa hari minum y ada perubahanya?trimakasih

    Halo Andita, Herpes apakah yang Anda maksudkan (herpes zoster atau herpes simpleks)? Secara umum, herpes biasanya mewakil kelainan kulit berupa sekumpulan vesikel (gelembung kecil berisi cairan) dengan dasar kemerahan (eritem). Terdapat dua macam virus yang bisa menimbulkan herpes, yaitu :

    1. Virus varicella zoster (VZV) - menimbulkan penyakit herpes zoster atau cacar api atau cacar ular. Disebabkan oleh reaktivasi VZV yang menetap di tubuh setelah infeksi cacar air sembuh. Biasanya berupa ruam pada salah satu sisi tubuh (menyerupai konfigurasi setengah lingkaran) yang menjadi lesi lepuh dan koreng. Rata-rata penyembuhan membutuhkan waktu 14-28 hari. Meskipun demikian, pengobatan dengan antivirus minum atau oles maksimal 10 hari dengan dosis dan frekuensi yang ditentukan oleh dokter.
    2. Virus herpes simplek (HSV) - menyebabkan penyakit herpes simpleks, bisa menyerang area sekitar mulut ataupun kelamin. Pengobatan dengan antivirus minum atau oles berlangsung maksimal selama 10 hari.
    Pada prinsipnya, pemberian antivirus bisa diberikan secara oles ataupun minum. Selain mengandung antivirus, dokter juga bisa memberikan obat oles dengan tujuan mencegah infeksi, misalnya dengan salep antibiotik. Untuk menilai kembali respon pengobatan dan perjalanan penyakit herpes yang Anda alami, ada baiknya bila memeriksakan diri kembali ke dokter yang biasa menangani Anda. Salam dr.Lili