Tanya Dokter

  • Saluran kencing terasa gatal dan bernanah

  •  Bimo Satria
    Anggota

    Maaf dok saya mau tnyaa udh 3 hari ini saluran kencing saya trasa gatal dn kluar nanah tapi ga sakit saat kncing ......mohon jwabanya y dokk ??

    Bimo Satria  Bimo Satria
    Anggota

    Cuma trsa gatal dan ga sakit dok ..knapa ya dok tolong jawbannya ya dok ??

    Dear Bimo, Rasa gatal sebenarnya merupakan sensasi nyeri dalam tingkat yang lebih ringan. Jadi dalam hal ini keluhan gatal Anda dapat disamakan dengan nyeri. Keluarnya nanah dari lubang kencing disertai sensasi nyeri ini cukup khas menunjuk pada penyakit gonore. Gonore merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri gonococcus. Sesuai sebutannya penyakit Gonore ditularkan lewat hubungan seksual tanpa kondom, hubungan seks oral atau anal, dan melalui mainana seks yang terkontaminasi. Gonore dapat menyerang urethra (saluran kencing dari kandung kemih ke luar tubuh), dubur, leher rahim, mata, dan tenggorokan. Pengobatan gonore dilakukan dengan pemberian antibiotik baik suntik atau obat minum. Satu hal yang harus diperhatikan adalah bahwa meskipun gejala sudah membaik setelah beberapa hari, namun bukan berarti otomatis penderita telah sembuh dengan sempurna. Sebagian kecil penderita tetap bisa menyimpan kuman gonore dalam tubuhnya dan dapat menularkannya kepada orang lain. Untuk itu sangatlah penting agar penderita mengontrolkan diri kembali ke dokter setelah seminggu diberikan terapi oleh dokter. Dokter akan memeriksa kembali apakah penderita benar-benar telah sembuh. Selain itu hindari mengobati penyakit ini dengan membeli obat di apotik tanpa resep dokter. Hal ini dapat mengakibatkan kebalnya kuman. Jika kuman telah menjadi kebal, penyembuhannya akan semakin sulit. Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan dokter. Dokter akan menanyakan riwayat lengkap keluhan Anda dan akan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan penunjang seperti tes laboratorium terhadap sampel nanah yang keluar mungkin akan dilakukan dokter. Terapi yang tepat akan diberikan dokter sesuai diagnosisnya. Berikut tips yang dapat Anda lakukan:

    • hindari hubungan seksual sebelum Anda dinyatakan benar-benar sembuh oleh dokter
    • jangan berganti-ganti pasangan seksual
    • gunakan kondom jika berhubungan seksual
    • setia pada istri
    Berikut laman yang dapat Anda baca: Gonore Penyakit menular seksual Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya