Tanya Dokter

  • Penyebab napas selalu berbunyi

  •  Chantika Rg
    Anggota
    Dok mau nanya... kenapa yah saya selalu kalau pagi di sekolah serasa masuk angin... jadi saluran pernafasan di dada paru paru gemggorokan seperti ada amgin .. dan selalu berbunyi saat terdiam... dari kecil saya selalu seperti ini... dan sesudah makan pun angin di tenggorokan say selalu berbunyi ... tolong yah dok apa penyebabnya... ???dan apa obatnya,., karena ini sangat mengganggu saya ...
    Chantika Rg  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Chantika,

    Napas yang berbunyi dapat menandakan adanya masalah pada saluran pernapasan seperti adanya penyempitan pada saluran napas sehingga saat terjadi pertukaran udara menimbulkan bunyi tambahan pada saluran napas. Jika keluhan bunyi disertai dengan gejala lain seperti sesak napas, batuk, nyeri dada maka perlu untuk segera diperiksakan pada dokter untuk diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan.

    Salah satu penyebab napas tambahan adalah asma. Asma memiliki gejala diantaranya batuk, nyeri dada, sesak napas, dan suara mengi terlebih saat terpapar pencetusnya seperti udara dingin, debu, polusi, asap rokok, bulu binatang, aktivitas fisik berat, ataupun pencetus lainnya.

    Dokter nantinya akan melakukan wawancara mengenai gejala yang timbul baik pencetusnya, karakter gejala yang timbul, pemberat dan yang memperingan gejala, pemeriksaan fisik, dan juga pemeriksaan penunjang seperti misalnya foto rontgen, tes spirometri untuk menilai pernapasan, tes kadar arus ekspirasi puncak, lab darah dan pemeriksaan lain yang diperlukan.

    Selain asma, infeksi saluran pernapasan, rhinitis, sumbatan pada saluran pernapasan lain, infeksi paru juga dapat menjadi penyebab napas tambahan pada saluran pernapasan. Untuk itu segera sampaikan pada orang tua Anda agar diantar ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.