Tanya Dokter

  • Vagina nyeri pada kehamilan 39 minggu

  •  Dewi Fajarini
    Anggota
    Hallo dok,sy dewi usia 31 th skrg sdng hamil 39 minggu anak ke 4,dari minggu ke 38 vagina terasa nyeri apalagi kalau mau bangkit dr duduk atau tidur,sakit banget dok.udh gitu di pakai jalan pun sakit.tanda tanda melahirkan belum ada dok tapi di bawah perut suka ada mules seperti mau haid.terakhir dua hari yg lalu kontrol katanya bayi dr usia 38 minggu sudah masuk panggul.tapi tanda melahirkan nya belum nampak.terimakasih dok.
    Dewi Fajarini  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Dewi,

    Keluhan nyeri pada vagina saat hamil trimester 3 merupakan keluhan yang cukup sering dialami oleh wanita. vagina terasa nyeri saat hamil trimester 3 bisa disebabkan karena janin dan rahim semakin membesar sehingga menyebabkan penggantung rahum tertarik. Selai itu ketika janin sudah mulai masuk panggul, maka kepala janin akan mulai menekan struktur disekitar panggul sehingga menyebabkan vagina dan sekitar selangkangan terasa nyeri. Faktor kelelahan, leher rahim mulai melebar, dan gerakan janin yang semakin kuat juga bisa berpengaruh terhadap nyeri vagina. Selama tidak ada keluhan lainnya, maka Anda tidak perlu khawatir.

    Terkait dengan perut bawah mules seperti saat haid, bisa saja hal tersebut merupakan kontraksi palsu. Hal ini normal terjadi mengingat usia kehamilan Anda sudah cukup bulan. Persalinan normal pun bisa terjadi kapan saja saat cukup bulan, yaitu sekitar usia 37-40 minggu.

    Apabila saat ini Anda belum merasakan tanda akan bersalin lainnya, Anda juga tidak perlu khawatir ya. Masih ada waktu untuk menunggu persalinan normal. Jikapun sudah usia 40 minggu belum juga ada tanda bersalin, dokter umumnya akan menunggu hingga 42 minggu. Apabila sudah 42 minggu, barulah dokter akan melakukan terminasi kehamilan, bisa dengan induksi maupun caesar. Anda bisa memperbanyak aktivitas misalnya berjalan santai, istirahat cukup, dan berhubungan intim (selama tidak ada koontraindikasi dari dokter kandungan).

    Apabila Anda merasakan tanda akan melahirkan, Anda bisa mendatangi puskesmas atau rumah sakit yang sudah direncanakan ya. Selama menunggu tanda akan bersalin, Anda bisa mempersiapkan fisik dan mental menghadapi persalinan, menghitung pergerakan janin setiap hari (janin bergerak minimal 10x dalam 12 jam), tetap penuhi kebutuhan cairan dan nutrisi tubuh, serta lakukan kontrol rutin seminggu sekali supaya kondisi janin terus terpantau ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Vagina nyeri ketika hamil
    Persiapan melahirkan

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y