Tanya Dokter

  • Terdapat benjolan di kepala, demam, dan berat badan yang semakin menurun

  • Siang dok...saudara saya anknya umur 5 th.dikepala ada benjolan.dn suhu badan naik turun.berat badan semakin menurun.rambutnya rontok. Menurut dr yg menanganinya. Ank tersebut ada sakit kelenjar getah bening.pertanyaan saya..bahaya atau tidak y dok..dn apakah bisa disembuhkan..trimakasih..
    Lestariningsih  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo Lestariningsih, teerimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Kondisi timbulnya benjolan pada kepala dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari infeksi pada kulit kepala (abses), lipoma (terdapat tumpukan jaringan lemak), ateroma, kelainan kulit lain (dermatitis, dsb), pembesaran kelenjar getah bening, dan masih banyak lagi. Perlu keterangan lebih lanjut mengenai letak benjolan secara tepatnya, ukuran, konsistensi, rasa sakit, dsb. Sedangkan untuk kerontokan umumnya tidak dialami oleh anak anak, meskipun kondisi ini dapat dialami pada anak dengan asupan gizi dan nutrisi yang kurang. Kami sangat menyarankan Anda mengonsumsi obat yang telah diberikan dokter yang merawat anak saudara Anda, dan bila dama 4-5 hari tidak terjadi perbaikan, atau terjadi perburukan seperti : demam samakin tinggi, kejang, badan lemas, nafsu makan menurun, mual muntah, bengkak pada tubuh, diare, benjolan kepala semakin membesar, dsb. Maka segera temui dokter. Dapat tidaknya sembuh kami tidak dapat pastikan jika hanya melihat dari keterangan Anda, tanpa melakukan pemeriksaan secara langsung.

    Berat badan anak seharusnya terus meningkat setiap bulannya, bila status gizi anak Anda termasuk kondisi gizi kurang atau gizi buruk maka perlu penanganan lebih lanjut pada kondisi tersebut. Hal ini perlu perhatian lebih mengingat bila tidak tertangani beresiko mengganggu tumbuh kembang dari anak saudara Anda. Untuk sementara yang dapat Anda lakukan : berikan asupan nutrisi dan gizi lebih baik, konsumsi makanan sedikit sedikit tapi sering, berikan susu dan buah serta sayur lebih banyak, ajak anak untuk beraktifitas / lebih aktif, batasi asupan 'jajanan' sehari hari, istirahat yang cukup, kompres bila terasa demam. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr Prasetyo