Tanya Dokter

  • saraf sakit setelah suntik vitamin C

  •  rudi anto
    Anggota

    Hallo dokter..saya 4 hari lalu suntik anti oksidan 5ml di natasha skin care.. ketika disuntik pembuluh darah saya pecah di lengan atas dekat siku..lalu dokternya pindah lokasi penyuntikan di pembuluh di pergelangan tangan.. ketika disuntik tangan saya merasa sedikit sakit,setelah suntik selsai saya merasakan sakit luar biasa di punggung tangan,punggung tangan dekat suntik itu mati rasa dan perih disertai kram... setelah 2 jam rasa sakitnya berkurang dok.. udah 4 hari ini sakit di pembuluh darah yang disuntik itu masih terasa ketika  pergelangan tangan saya di tekuk atau sarafnya itu pegang dokter..apa yg saya harus lakukan dok?

    Halo,

     

    Vitamin C adalah sebuah jenis vitamin yang dianggap bersifat sebagai antioksidan tinggi dan bisa berfungsi sebagai penambah daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan, memutihkan dan mencerahkan kulit (untuk fungsi ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut).

    Banyak sekali penggunaan vitamin C secara intra vena (pembuluh darah) yang dilakukan di klinik kecantikan saat ini.

    Namun vitamin C ini merupakan bahan obat yang sangat iritatif sekali, itu sebabnya pemberian harus diberikan melalui pembuluh  darah vena. Pemberian melalui otot dianggap sangat membuat rasa nyeri saat penyuntikan akibat iritasi yang ditimbulkan obat terhadap jaringan otot.

    Mengenai rasa nyeri yang Anda rasakan bisa saja disebabkan karena sifat iritasi dari vitamin tersebut apalagi pemberian pada pembuluh darah punggung tangan yang umumnya berukuran lebih kecil daripada bagian lengan dekat siku.

    Untuk mengurangi nyeri Anda bisa melakukan kompres dingin pada daerah nyeri tersebut, minum obat pereda nyeri atau jika nyeri tidak berkurang maka konsultasikan kondisi Anda dengan dokter terdekat. Hindari menekuk daerah yang nyeri atau menekannya.

    Semoga membantu.

     

    Dr. Yusi