Tanya Dokter

  • penyebab diare disertai ruam merah pada kulit

  • selamat siang dok .. teman sekantor saya mengalami sakit diare dan alergi bercak2 merah di telapak kaki dan tangan.kejadian ini sudah lumayan lama dan teman saya sudah ke IGD dan dokter spesialis penyakit kulit tapi tidak sembuh juga.

    Mohon saran teman saya harus pergi ke dokter apa ? dan kira2 sakit apa teman saya tersebut dok ?

    sekian dan terima kasih

    meity

    Sore Meity, Terima kasih atas pertanyaannya. Keluhan berupa diare serta munculnya ruam kulit berupa bercak kemerahan pada tangan dan kaki dapat disebabkan oleh berbagai hal, untuk memastikannya diperlukan anamnesis (Tanya jawab dokter-pasien), pemeriksaan fisik, bila perlu pemeriksaan penunjang seperti tes darah, tes alergi, tes feses. Setelah diketahui penyebab yang mendasari keluhan, barulah dapat diberi penanganan yang sesuai. Berikut beberapa kemungkinan yang terjadi:

    Untuk menelusuri penyebab yang mendasari keluhan, sebaiknya teman Kamu memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam. Hal yang dapat dilakukan sementara ini: konsumsi makanan sehat secara teratur, hindari faktor pencetus alergi, banyak minum untuk mencegah dehidrasi, kelola stres psikis (meditasi, yoga), isitirahat yang cukup. Sekian semoga bermanfaat, dr.Annes