Tanya Dokter

  • Kutil yang nyeri dan gatal di bibir miss V

  •  Vina Elisa
    Anggota

    met malam dok, aku mau tanya dok. beberapa bln yg lalu aku mersa ada seperti daging di bibir atas dalam miss v aku, lalu ake dokter kulit dan kelamin, utk periksa, kata dokter kulitdan kelamin kalau itu kutil/jengger ayam... lalu dia menyarankan utk di lazer.. tapi aku coba konsul ke dokter kandungan aku dan dia blg tdk perlu di lazer, cukup di beri obat agar kutil itu mati.. lalu aku dtg dan ternyata tidak di satu titik ada beberapa... jd sakit sekali sewaktu di kasih obat..in sudah berjalan 2 bulan dok, tapi masih ada, kadang nyeri dan gatal nya itu yg ngak nyaman banget.... terakhir dokter kandungan ku blg terpaksa harus di lazer, jujur aku takut dan aku juuga bingung soal biaya nya krn kemarin 2 bulan dah hampir 2 juta lebih bolak balik.... ada saran ngak dok? thanks ya dok..oh ya email yg aktif yg ini dok... elisa_vina@yahoo.co.id.

    Halo,   Pada prinsipnya penanganan kutil kelamin bisa dilakukan dengan 2 metode yakni :

    1. Metode topikal = menggunakan obat topikal seperti imiquimod, asam trikloroasetat, podofilotoksin dll Biasa digunakan untuk kutil yang kecil dan sedikit. Pengolesannya membutuhkan teknik khusus agar tidak mengiritasi kulit sehat dan menimbulkan efek nyeri seperti terbakar.
    2. Metode ablasi = menggunakan metode seperti laser, kauter, bedah beku, bedah potong dll. Biasa digunakan untuk kutil yang banyak dan bergerombol.
    Namun kutil kelamin ini adalah penyakit yang sering sekali kambuhan. Karena virus yang menyebabkan keluhan kutil ini tidak bisa dihilangkan dari dalam tubuh walaupun telah dilakukan pengobatan terhadap kutil Anda. Untuk mencegahnya timbul kembali maka Anda bisa melakukan pencegahan seperti :
    1. Cukup istirahat
    2. Jaga daya tahan tubuh.
    3. Makan gizi seimbang
    4. Kelola stress
    5. Olahraga rutin
    6. Tidak berhubungan intim saat kutil kambuh.
    7. Gunakan kondom.
    Baca topik Kutil kelamin Semoga bermanfaat.   dr. Yusi