Tanya Dokter

  • Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan

  •  Akram
    Anggota

    dok, saya mau nanya, saya sekarang berumur 12tahun Desember nanti 13tahun. 
    saya ingin nanya saya diumur segini sudah nge gym setengah tahun dan meminum supplemen amino 2tablet sebelum dan sesudah nge gym. Tinggi saya sendiri 175cm dan berat 79kg. postur makan saya bergizi minum susu setiap pagi dan malam dan saya sering olahraga basket dan skipping 100x/hari. saya pernah dengar kalau anak yang masih dalam masapertumbuhan ngegym bisa terhambat pertumbuhannya, saya takut dok kalau pertumbuhan tinggi saya terhambat karena nge gym. jadi bagaimana dok solusinya, apakah saya harus berhenti ngegym?


    Halo Akram terima kasih atas pertanyaannya. Tinggi badan masing-masing orang akan berbeda karena tinggi badan seseorang dipengaruhi beberapa faktor seperti faktor genetik, hormon, asupan gizi atau adanya penyakit yang diderita. Pertambahan tinggi badan akan muncul pada usia remaja dan berhenti pada masa pubertas.Pada laki-laki pertambahan tinggi badan akan dimulai pada usia 11 tahun dan puncaknya pada usia 13 tahun, sedangkan pada wanita akan dimulai pada usia 9 tahun dan mencapai puncaknya pada usia 11 tahun. Berolahraga merupakan faktor yang penting untuk merangsang pertumbuhan tinggi badan. Rutin berolahraga akan merangsang lempengan pertumbuhan tulang untuk bertambah panjang. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menambah tinggi badan :

    • olahraga. Olahraga dapat berupa lompat tali, lari, bersepeda, basket atau lari
    • istirahat yang cukup dan tidak tidur larut malam. Tidur yang cukup dan berkualitas akan merangsang produksi hormon pertumbuhan yang bisa menambah tinggi badan
    • konsumsi makanan sehat. Hindari makanan cepat saji, berpemanis, serta minuman bersoda

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa