Tanya Dokter

  • Olahraga yang tepat bagi penderita patah tulang

  •  ichadenay
    Anggota

    dok, saya mau tanya..

    saya semenjak tahun 2009 tidak pernah olahraga karena kaki saya dulu pernah patah, kira-kira olahraga apa yang bagus untuk saya ya dok? setiap kali saya jalan-jalan pagi untuk olahraga pasti terasa engap-engapan, juga jantungnya tidak kuat. kalau untuk olahraga yang lumayan ekstrim saya agak susah soalnya lutut saya tidak bisa ditekuk sempurna, hanya setengahnya saja. kemudian setiap kali jalan jauh atau jogging sering sakit dok kakinya. mohon pencerahannya dok..

    arigatou..

    Hai ichadenay, terima kasih atas pertanyaannya... Pemulihan pasca trauma seperti patah tulang memang membutuhkan waktu yang cukup untuk dapat kembali melakukan aktivitas fisik seperti umumnya. Diperlukan waktu kurang lebih 3-4 bulan untuk mengembalikan fungsi tulang tersebut dan tentunya membutuhkan terapi fisik secara bertahap. Sebaiknya sebelum Anda melakukan olahraga, apapun jenisnya, dimulai dengan pemanasan yang cukup. Pada saat olahraga, jantung dan paru-paru bekerja ekstra untuk memenuhi kebutuhan oksigen yang besar yang diperlukan tubuh, sehingga jika tidak dimulai dengan pemanasan yang cukup maka tubuh akan terasa mudah lelah dan napas terasa sesak. Langkah-langkah pemanasan yang baik dan benar :

    1. Awali dengan jalan kaki beberapa langkah kurang lebih 5-10 menit sebelum memulai aktifitas fisik.
    2. Lakukan gerakan memutar seperti pada leher, pergelangan tangan, kaki, sendi bahu, pinggang, searah jarum jam dan sebaliknya untuk membantu meregangkan otot-otot yang kaku.
    3. Jalan cepat atau lari-lari kecil kurang lebih 5-10 menit untuk memfungsikan jantung bekerja lebih cepat.
    4. Lakukan olahraga mulai dari intensitas yang rendah dan secara bertahap agar tubuh dapat beradaptasi sehingga mengurangi resiko cidera.
    Jika sudah melakukan pemanasan yang cukup, anda dapat memulai olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh. Jenis olahraga yang dapat anda coba seperti renang dengan intensitas 15-30 menit, jalan santai, aerobik ringan. Berikut artikel yang dapat anda baca : Olahraga air untuk mengurangi nyeri sendi semoga membantu, dr. Tantya Marlien