Tanya Dokter

  • Penyebab lidah sering terasa nyeri dan perih

  •  ynwa.emma
    Anggota
    halo dok saya mau tanya tentang sariawan mamak saya, sudah lama mamak sering mengeluh sakit pada lidah nya, beliau kata lidah nya sering hilang papila nya, setiap hari beliau merasakan perih pada saat makan, hal itu sering terjadi dan berulang ulang setiap semua papila ada kemudian sedikit demi sedikit hilang dan itu terjadi terus menerus apa penyakit yang di derita mamak saya dok? berbahaya atau tidak? apa ada obat nya? tolong bagi tau dok terimakasih dok 😊

    Hai ynwa,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Lidah yang terasa nyeri, perih, disertai dengan papila yang putus paling sering disebabkan oleh iritasi. Penyebab iritasinya bisa karena truma mekanik, misalnya akibat tergigit, bergesekan dengan gigi yang patah, dan sebagainya. Di samping itu, iritasi ini bisa juga dipicu oleh konsumsi makanan yang mengiritasi mukosa, misalnya makanan yang terlalu keras, pedas, dan berlemak.

    Selain iritasi, keluhan sebagaimana yang ibu Anda rasakan mungkin juga terjadi karena:

    Beberapa orang lebih berisiko mengalami iritasi lidah berulang apabila daya tahan tubuhnya menurun, misalnya karena usia tua, kurang gizi, menderita diabetes, HIV/ AIDS, merokok, atau mengkonsumsi steroid jangka panjang.

    Bahaya atau tidaknya kondisi yang menimpa ibu Anda hanya bisa ditentukan melalui pemeriksaan fisik secara kangsung, tidak cukup hanya berdasarkan informasi seperti ini ya.. Pada banyak kasus, dokter perlu juga melakukan pemeriksaan lanjutan, seperti laboratorium atau apus jaringan lidah guna menentukan penangaan terbaik.

    Sebagai langkah awal, ibu Anda sebaiknya hindari pemicu iritasi dan infeksi pada lidah dengan cara berikut:

    • Rajin menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan sikat gigi dan berkumur dengan obat kumur antiseptik secara teratur 3x sehari
    • Batasi dulu makanan yang terlalu keras, pedas, berlemak
    • Jangan biasakan menggigit-gigit bibir atau lidah
    • Jika ada gigi yang patah atau berlubang, segera tangani ke dokter gigi
    • Perbanyak makan makanan yang kaya vitamin C
    • Perbanyak minum 8-12 gelas perhari
    • Hindari rokok dan alkohol

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah