Tanya Dokter

  • Penyebab sariawan sering kambuh

  •  Hefy
    Anggota
    Halo dok, salam kenal saya rahadyan. Begini, sudah sekitar sebulan muncul sariawan di bagian dalam bibir bawah saya yg jumlahnya cuma 1, warna kadang putih seperti ada airnya dan kadang merah. Kadang setelah 2-3 hari dia kempes, kadang sampai 4 hari. Setelah kempes sekitar seminggu kemudian dia muncul lagi. Saya belum pernah kasih obat, saya cuma rajin minum ester c dan teh bunga matahari. Menurut dokter apa benar ini kanker mulut. Dan apa perlu saya beri obat oles. Terima kasih

    Halo Hefy.........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, berikut ini beberapa faktor yang dapat memicu seringnya timbul sariawan, diantaranya adalah : infeksi jamur oleh karena kebersihan rongga mulut yang tidak terjaga dengan baik, seringnya luka pada rongga mulut akibat tergigit atau Tertusuk dengan makanan yang dikonsumsi, faktor psikologis seperti stres, keseimbangan hormon, Alergi terhadap jenis makanan tertentu, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya.

    Jika memang sariawan yang Anda alami sudah sering mengalami kekambuhan dan tidak sembuh - sembuh, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter gigi spesialis mulut, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangakaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga segala sesuatu nya terang dan jelas, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat berikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 Liter perhari, perbanyak makan buah dan sayur, selalu jaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi minimal dua kali sehari setelah makan dan sebelum tidur, hindari mengonsumsi makanan atau minuman dalam keadaan masih sangat panas.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati