Tanya Dokter

  • saya alergi, sinusitis atau polip?

  • selamat sore dokter..

    dokter, saya mau tanya ttg flu.

    dok, saya sering flu dari tahun 2007 same skrang.setiap bangun pagi flu, kecapekan juga bisa flu, hidung kesentuh terlalu kuat bisa bersin", duduk santai saja bisa bersin". cukup sering bersin",, dan cukup sering ketika flu nya kumat bisa seminggu lebih, sering mata panas berair  trus pegel matanya , dahi juga pegel bgt, pipi juga pegel, tenggorokan kering, suara berubah, mood buruk, susah tidur, susah nafas. setiap hari hidup tersumbat bergantian. sering juga tiba", sebelah hidung sakit bgt seperti mau bersin tapi tidak bisa bersin dan rasa sakitnya berpuluh kali lipatnya itu.saya pernah waktu tahun 2007 flu selama 1 bulan lebih. waktu flu kumat,ingus berwarna hijau, pernah juga hijau tua pekat dan kental , lengket seperti lem dan sering berdarah. kotoran hidung saya juga sering berdarah. saya pernah berobat dan disampaikan bahwa saya menderita alergi dan daya tahan tubuh lemah lalu diminta untuk berolahraga. tapi kalau saya berolahraga malah flu nya kumat. saya tidak erani untuk diperiksa ke laboratorium dokter. bagaimana ya dk? saya sudah polip atau hanya alergi aja? mohon penjelasnnya dokter. terima kasih.

    nora fery matondang  Tim Alodokter
    Dokter

    Hi, Kemungkinan anda memiliki alergi. Alergi adalah respon tubuh berlebih yang diakibatkan oleh pemicu tertentu. Pemicu ini bisa berbagai macam dari debu, dingin, makanan, zat tertentu, atau obat. Selama pemicu ini masih ada, alergi akan terus muncul. Penyebab lain juga bisa, seperti:

    • sinusitis
    • infeksi virus atau bakteri (influenza dan infeksi saluran napas lainnya)
    Saya sarankan anda cek ke dokter penyakit dalam bagian alergi imunologi. Pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan alergi seperti patch test penting untuk mengetahui diagnosa dan penyebab kondisi anda. Bila diketahui penyebabnya, dapat ditentukan penanganan yang terbaik untuk kondisi anda. Sementara waktu anda dapat melakukan tips di bawah ini:
    • kenali dan hindari pemicu alergi anda, kapan gejala itu muncul, karena apa gejala itu muncul
    • minum air putih 2 liter per hari
    • makan yang bergizi
    • olahraga teratur 2-3 kali seminggu (bila di luar ruangan, gunakanlah masker)
    • minum obat antihistamin atau dekongestan untuk meringankan gejala
    Semoga membantu, dr. Dennis Jacobus