Tanya Dokter

  • Benjolan pada leher, apakah berbahaya?

  •  Bunda Tari
    Anggota

    Mlm dok,sblm nya mkasih dan mhn jwb an nya,sy tari magelang,sy tiba2 merasa ada benjolan tepat di leher belakang sblh kanan,benjolan nya tdk bulat tp mlh kyk bengkak seukuran koin,klo diliat dr belakang gk terlalu keliatan,tp klo di lihat dr samping kanan spt mmbengkak dok,nah ini sdh 2 bln tp gk mngecil dan gk mmbengkak dsn gk sakit,badan juga fit2 aja,ttp msih gitu2 aja,sy sdh urut 3 x gk kempes krn katanya mngkin capek,krn sy kan kerja online jd minim 12 jam sehari sy mmng di dpn laptop trus,dan sy putuskan ke dokter mau periksa,leher sy di pegang2 sm dokter,katanya gk ada apa2,trus di kasih suplemen doang,nah kemaren sy pindah dokter?mlh dokter cm tanya2 dan sy gk di periksa,sy heran dokter lsngsung kasih resep,kata dokter?3 hari klo gk kempes kita lab krn kemungkinan kata nya sy infeksi radang,nah sy minta tolong dok kasih sy solusi,sy paling takut klo ini penyakit apa dan sgt takut obat nya gak ada?pokok nya takut dok ampe gk bs tidur mikirin nya dok.. Thx dok mhn solusi nya yah..

    Halo Bunda Tari, Jangan khawatir dulu Bunda. Tidak semua benjolan berbahaya, bahkan ada benjolan yang dapat diatasi hanya dengan obat saja tanpa operasi, bergantung pada penyebab benjolan tersebut. Benjolan dapat berupa tumor jinak, misalnya tumor jinak sel lemak (lipoma), dll. Benjolan tersebut tidak selalu harus dioperasi kecuali mengganggu. Benjolan juga dapat terjadi akibat peradangan, benjolan tersebut akan terasa nyeri, berwarna kemerahan dan jika diraba dapat terasa panas, tetapi tidak semua gejala peradangan tersebut pasti ada. Anda sudah diperiksa oleh dokter dan sudah diberi suplemen atau obat. Jika dokter yang sudah meraba benjolan tersebut mencurigai suatu penyakit, dokter akan menjelaskan ke Anda atau melakukan pemeriksaan tambahan, misalnya USG, biopsi atau tes darah. Beberapa kemungkinan penyebab benjolan di leher adalah:

    • peradangan dan infeksi, misalnya abses, pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening yang membengkak akan mengempis seiring kesembuhan infeksi di tubuh
    • lipoma, benjolan berisi sel lemak
    • tumor parotis
    • pembesaran otot leher
    • keganasan,dll
    Sebaiknya Anda tetap mengikuti saran dari dokter Anda berobat dan lihat bagaimana perkembangannya. Penentuan penyebab benjolan tersebut harus dengan pemeriksaan langsung dengan dokter. Pemeriksaan rujukan ke dokter bedah dapat dilakukan jika ada indikasi dari dokter yang memeriksa Anda. Benjolan di leher Semoga membantu, dr.Miranti Iskandar    

    Bunda Tari  Bunda Tari
    Anggota

    Makasih ya dok,saya agak nyaman dengan jawaban nya,semoga ini cm hanya sekedar capek dan butuh istirahat yg ckup saja,makasih dok..

    malam dok, saya rizqy dari jakarta. saya ingin bertannya dok, sudah sekitar seminggu saya merasakan ada benjolan pada leher saya di bagian sebelah kiri tepatnya di bawah telinga. besarnya sebesar uang koin tapi tidak berbentuk bulat, bila saya sentuh tidak terasa rasa sakit sama sekali dan juga tidak bergeser, kalau untuk tekstur saya tidak bisa membedakan benjolan saya keras atau lunak. kira-kira apa penyebab benjolan ini  dan bagaimana solusi penanganan nya? terimakasih.