Tanya Dokter

  • mengatasi perubahan suasana perasaan ynag tidak menentu

  •  Atsil
    Anggota
    Hallo dok, saya ingin bertanya lagi. Pada saat tahun baru kemaren saya mewarnai rambut saya dengan warna abu-abu dengan niat nekat. Setelah selesai dengan rambut itu saya merasa senang bahagia padahal saya menggunakan jilbab. Saya jalan mencari makan dengan teman saya di mall. Saya juga menguplod foto rambut baru saya di instagram. Banyak pro dan kontra. Besoknya saya videocall dengan keluarga saya. Kakak saya bilang rambut saya jelek dll. Saya merasa sedih karena hanya dengan mewarnai rambut sesaat saya merasa bahagia. Tapi ketika kakak saya bilang jelek saya merasa drop. Seketika saya berpikir kalau lebih baik saya tidak hidup lagi di dunia. Belum lagi dengan tugas kuliah yg menumpuk. Dan pertanyaan saya sebelumnya saya merasa tidak ada yg mengerti gimana saya. Apakah ada obat yg menenagkan pikiran saya sesaat. Saya ingin mengatur hidup saya kembali. Saya tau jika sabar sedikit lagi saya bakal bisa menghadapinya. Tapi sekarang saya benar-benar lelah

    Halo,

    Kami yakin, hidup berjauhan dengan keluarga, berjuang menyelesaikan kuliah di kota yang bukan merupakan kampung halaman pasti bukan sesuatu yang mudah.  

    Perasaan kekecewaan yang mendalam terhadap masalah yang sebenarnya ringan bisa menjadi gejala dari adanya masalah lain yang belum terselesaikan dengan baik. Dapat merupakan tanda stress psikologis/emosional maupun gejala adanya gangguan suasana perasaan yang membutuhkan penanganan medis khusus jangka panjang. Stress psikologis harusnya membaik dengan mencoba melakukan dengan konsisten tips yang diberikan oleh Tim Alodokter pada jawaban sebelumnya. Biasanya Anda perlu konsisten melakukan manajemen diri selama minimal 2 bulan untuk mengevaluasi kemajuan kondisi diri Anda.

    Berikut beberapa tambahan tips untuk mengatasi perubahan suasana perasaan yang tidak menentu :

    • Bila rasa sedih yang menguasai diri Anda datang, istirahatlah di ruangan yang gelap dan nyaman. Lakukan beberapa teknik relaksasi, kemudian menarik nafas dalam dan membuang nafas panjang dengan menghitung 10 x. Posisikan diri Anda dalam kondisi senyaman mungkin.
    • Aturlah kegiatan dan tugas dengan skala prioritas. Selesaikan tugas dengan mengerjakan terlebih dulu hal yang paling penting.
    • Buatlah jadwal aktivitas rutin tertulis dan disiplin mengerjakannya. Hal ini sangat membantu Anda mengatur waktu dan membantu membangun kepercayaan diri Anda.
    • Di akhir pekan, selalu sempatkan diri untuk melakukan kegiatan yang Anda senangi, datangi teman baik dan lakukan aktivitas sederhana seperti jalan-jalan di luar rumah, bersepeda bersama atau sekedar menonton film kesukaan bersama.
    • Libatkan diri Anda dengan kegiatan positif dimana orang-orang yang tergabung di dalamnya, memiliki sikap yang positif juga. Misalnya kelompok doa bersama/pengajian, kelompok kegiatan sosial, kelompok hobi tertentu.
    • Berjemurlah di bawah sinar matahari pagi antara jam 7 sampai jam 8 pagi, 15 menit dalam sehari. Sinar matahari pagi meningkatkan hormon endorfin yang memberi rasa bahagia alami. Selain menjaga kesehatan tulang dan kulit.
    • Berhati-hatilah mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein& alkohol karena merupakan stimulan yang dapat mengganggu pola tidur yang akan membuat suasana perasaan semakin tidak menentu.
    • Praktekkan  Pola Hidup Sehat dengan makan makanan Bergizi Seimbangberolahraga rutinberistirahat cukup di malam hari (minimal 7 jam), konsumsi air minum dalam jumlah yang cukup dan mengelola stress dengan bijaksana. Pola hidup sehat membantu Anda lebih percaya diri dan mengurangi fluktuasi perasaan yang berkepanjangan.  

     

    Gangguan suasana perasaan (masalah kejiwaan) yang mudah berubah-ubah biasanya menetap selama minimal 3 bulan. Gangguan suasana perasaan yang didominasi oleh perubahan mood yang drastis (sangat sedih/depresi berubah menjadi sangat bahagia/iritabel/manik/hipomanik), dipicu oleh masalah ringan atau bahkan tanpa masalah yang jelas sering disebabkan Gangguan Bipolar. Ide/keinginan bunuh diri sering berhubungan dengan gejala depresi.

    Dibutuhkan bantuan Psikolog dan Psikiater (Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa) untuk mengadakan wawancara medis sambil melihat dan mengamati perilaku seseorang untuk dapat didiagnosis memiliki gangguan kejiwaan. Penanganan dan pengobatan hanya diberikan bila Anda membutuhkannya dan harus dievaluasi secara langsung oleh psikiater.

    Secara umum, seseorang dikatakan mengalami gangguan jiwa bila perilaku dan aktivitas sehari-harinya tidak dapat lagi diterima oleh orang di lingkungan sekitarnya, yang menyebabkan Ia tidak dapat berkarya dan melakukan aktivitas pekerjaannya sehari-hari dengan baik.

    Anda mungkin dapat merasakan bahwa Anda mengalami masalah dan merasa membutuhkan obat. Namun psikiater/psikolog lah yang memiliki kompetensi untuk memastikan kondisi kejiwaan Anda. Lakukanlah konsultasi langsung dengan psikiater/psikolog.

    Konsultasi melalui website dengan Dokter tidak dapat menggantikan pemeriksaan medis secara langsung dengan Psikiater/Psikolog.

    Psikolog akan memberi konseling dan strategi-strategi mental perilaku untuk mengatasi masalah yang Anda alami. Sedangkan Psikiater akan membantu dengan memberi terapi obat (bila diperlukan) dan strategi modifikasi perilaku.

    Bacalah info Alodokter mengenai Gangguan Mental dengan klik di sini.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.