Tanya Dokter

  • Tentang penyakit stroke iskemik

  • Halo dokter.. saya pria umur 31 thn 1 thn yg lalu saya kena stroke iskemik/ringan Setelah melalui pemeriksaan dan ct scan saya diagnosis infark selebri multiple apakah infark selebri multiple itu? Hasil cek darah pertama saya colestrol n asam urat saya tinggi saya diberi obat Aspilet, antorvastatin, rincobal, Piracetam Sekarang saya merasa tubuh sebelah kanan saya tidak seperti yang dulu lagi, agak kaku dan sering lemah wlw hanya kadang2... kemarin cek darah lagi hati dan ginjal, dokter bilang saya liver, tapi tidak bahaya,sgot 53,1 dokter bilang kurangi begadang.. saya sering begadang karna saya kerja sebagai security.. sejak saya sakit saya minum air putih ( 5-6 botol aqua 1500ml ) apakah saya minum terlalu banyak atw sedikit? berapa takaran minum normal untuk saya? trima kasih dokter..

    Hai Ahmad. Stroke merupakan suatu kondisi yang terjadi disebabkan oleh adanya gangguan aliran darah ke otak baik disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah ataupun oleh penyumbatan pembuluh darah otak. Adanya infark cerebri multiple merupakan suatu gambaran radiologi CT scan untuk menunjukkan adanya penyumbatan pada bagian otak tertentu yang menyebabkan adanya kematian sel otak di beberapa tempat. Stroke sendiri jika tertangani dengan cepat maka biasanya jarang menyebabkan gejala sisa, namun jika sudah terlalu lama (>3 jam) barulah mencari pengobatan, adanya kondisi klinis tertentu, dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya gejala sisa seperti masih adanya kelemahan pada satu sisi tubuh. 

    Secara umum kebutuhan cairan seseorang sehari adalah 2000 ml selama tidak ada masalah seperti masalah ginjal dimana membutuhkan pembatasan cairan. Jika kelebihan sendiri dapat menyebabkan peningkatan beban jantung. 

    Konsultasikan dengan dokter anda mengenai kondisi yang anda alami untuk informasi lebih lanjut. Hal yang dapat anda lakukan yakni 

    1. Konsumsi makanan yang bergizi dan sesuaikan dengan kondisi klinis anda dimana jika anda memiliki hipertensi, mengurangi makanan asin, mengurangi asupan lemak jenuh seperti dalam gorengan, lemak daging, jeroan dapat membantu 

    2. Konsumsi air putih 2l per hari 

    3. Lakukan aktivitas fisik yang cukup 

    4. Istirahat cukup 6-8 jam perhari 

    5. Hindari konsumsi minuman berenergi atau minuman berkemasan, minuman beralkohol dan hindari merokok 

    Berikut mengenai stroke. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa