Tanya Dokter

  • Sering mual terutama di malam hari. Tanda hamil kah ?

  •  Diavly Na
    Anggota
    Dok, beberapa akhir ini sy sering merasa mual. Terutama pada malam hari mual sekali sampe muntah tp tidak ada yang dimuntahkan sama sx hanya air liur. Tetapi setelah itu, mual sy hilang, keesokan harinya sy mual lg tp tdk seperti semalam. Sy jg tidak bsa berdiri terlalu lama dan langsung lemes. Punggung sy jg akhir2 ini terasa berat. Dan bau yg biasanya sy sukai, sy jdi tidak suka karena lama kelamaan membuat sy tmbah mual. Sy mudah lelah tp susah tidur dok dan lemas. Sy sdh tes pack tp hasilnya negatif. Saya kecapean ya dok? Sy sakit apa ya dok? Trimakasih dok, ditunggu balasannya

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Kehamilan merupakan proses pembuahan yang terjadi setelah melakukan hubungan seksual antara pria dan wanita. Bertemunya sel sperma dan sel telur kemudian terjadi implantasi (tertanam) di rahim. 

    Tanda tidak pasti suatu kehamilan :

    -Terlambat menstruasi. Penting bagi seorang wanita untuk memperhatikan siklus menstruasinya. Pada wanita dengan siklus menstruasi teratur, terlambat haid mungkin merupakan pertanda wanita tersebut mengalami kehamilan. Namun pada wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur, sulit menilai apakah telah terjadi kehamilan atau belum.

    -Mual dan muntah

    -Perut membesar

    -Payudara bertambah besar

    Apabila anda curiga anda sedang hamil, lakukan pemeriksaan hormon kehamilan atau test pack 2 minggu sejak anda terlambat mesntruasi.

     

    Beberapa kemungkinan lain penyebab mual yang anda alami yaitu

    -Maag : Produksi asam lambung berlebihan

    -GERD (Gastroesophageal reflux) : Naiknya asam lambung ke tenggorokan 

    -Infeksi saluran pencernaan 

    dan lain sebagainya

     

    Untuk mengatasi keluhan anda sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam guna mendapat pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

    Dokter akan mewawancara anda, melakukan pmeriksaan langsung dan mungkin akan menganjurkan anda melakukan pemeriksaan tambahan misalnya pemeriksaan darah , pemeriksaan menggunakan kamera teropong dimasukkan melalui mulut (endoskopi). Pemeriksaan endoskopi ini perlu dilakukan apabila keluhan terus menerus berulang setelah diberikan obat.

    Dokter akan memberikan penanganan sesuai penyebab keluhan anda.

     

    Anjuran yang dapat anda lakukan dirumah yaitu :

    -Hindari terlambat makan. Anda sebaiknya makan teratur, dalam jumlah sedikit namun sering. 

    -Hindari makanan pedas dan asam

    -Hindari konsumsi minuman bersoda ,kopi dan teh karena akan meningkatkan produksi asam lambung

    -Kelola Stress dengan baik

    -Beristirahat cukup minimal 8 jam setiap malam 

     

    Berikut artikel mengenai tanda kehamilan

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr.Natalia